Consumer Price Index (CPI)

Wednesday, September 17, 2008

Consumer Price Index (CPI)

Consumer Price Index (CPI) adalah indikator yang mengukur tingkat kenaikan barang dan jasa yang dikenakan kepada konsumen. Kenaikan harga barang dan jasa pada akhirnya akan meningkatkan inflasi yang pada akhirnya biasanya harus diimbangi dengan menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga dapat memperkuat mata uang negara yang bersangkutan.
Jika nilai CPI Inggris naik maka nilai mata uang GBP akan mengalami kenaikan.

Core CPI(Consumer Price Index) adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari CPI. Nilainya didapat dari total CPI dikurangi dengan komponen makanan segar. Nilai makanan segar dinilai membuat trend inflasi CPI menjadi sering berubah-ubah nilainya.
Jika nilai Core CPI Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Zentrum für Europäische Wirtschaftsforschung (ZEW) Economic Sentiment adalah sebuah indikator yang mengukur sentimensi dari para investor. Indikator bulanan ini merefleksikan selisih antara para investor yang optimis dan pesimis.
Jika nilai German ZEW Economic Sentiment turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

British Retail Consortium (BRC) Retail Sales Monitor adalah sebuah indikator yang mengukur nilai perubahan penjualan tertinggi pada sejumlah toko yang sama dengan tidak memasukan jumlah toko yang dubuka pada tahun lalu.
Jika nilai BRC Retail Sales Monitor naik maka nilai mata uang GBP akan mengalami kenaikan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home