Consumer Price Index (CPI)

Wednesday, September 17, 2008

Consumer Price Index (CPI)

Consumer Price Index (CPI) adalah indikator yang mengukur tingkat kenaikan barang dan jasa yang dikenakan kepada konsumen. Kenaikan harga barang dan jasa pada akhirnya akan meningkatkan inflasi yang pada akhirnya biasanya harus diimbangi dengan menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga dapat memperkuat mata uang negara yang bersangkutan.
Jika nilai CPI Swiss turun maka nilai mata uang CHF akan mengalami penurunan.

Consumer Climate adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat keinginan konsumen dalam berbelanja pada situasi saat ini.
Jika nilai Consumer Climate Swiss turun maka nilai mata uang CHF akan mengalami penurunan.

Employment Change adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah lapangan kerja yang tercipta disuatu negara pada bulan lalu.
Jika nilai Employment Change Kanada naik maka nilai mata uang CAD akan mengalami kenaikan.

Unemployment Rate adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah pengangguran yang aktif mencari pekerjaan disuatu negara.
Jika nilai Unemployment Rate Kanada naik maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Housing Starts adalah Indikator ekonomi yang menghitung jumlah rumah baru yang dibangun dalam per bulannya. Sebagian besar data surveinya didapat dari aplikasi dan ijin yang diajukan untuk membangun rumah. Indikator yang satu ini biasanya bukan merupakan salah satu penggerak utama market. Namun, karena dapat mendeteksi tren perekonomian, data Housing Starts dianggap sebagai salah satu indikator penting. Penurunan pada Housing Starts menunjukkan melambatnya perekonomian.
Jika nilai Housing Starts Kanada naik maka nilai mata uang CAD akan mengalami kenaikan.

Core Machinery Orders adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat permintaan barang akan mesin manufaktur diluar sejumlah barang yang terkait dengan siklus penjualan.
Jika nilai Core Machinery Orders Jepang lebih rendah dari prediksi pasar maka nilai mata uang Yen akan mengalami penurunan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home