Fundamental-Senin, 22 Sept 2008

Wednesday, September 24, 2008

Fundamental-Senin, 22 Sept 2008

Baru-baru ini FED menyetujui pengajuan dari Goldman Sachs Group Inc. dan Morgan Stanley untuk menjadi institusi bank di Amerika, sebelumnya kedua institusi keuangan tersebut bukanlah berbentuk bank. Aplikasi kedua institusi keuangan tersebut untuk menjadi bank tersebut telah disahkan oleh FED dan peringkat sekuritas keduanya telah dinaikan. Tujuan dari hal ini adalah supaya kedua institusi itu dapat memperoleh pendanaan atau pinjaman sebagai institusi bank dari bank sentral atau dari deposito yang biaya atau bunganya lebih rendah dibandingkan dengan sumber pendanaan lain. Hal ini juga lebih baik daripada FED harus kembali intervensi mengambil alih kedua institusi secara langsung.

Tindakan ini adalah tindakan preventif untuk mencegah kejatuhan seperti yang dialami Lehman dan Merrill Lynch & Co. yang diambil alih oleh Bank of America minggu lalu. Isu yang beredar saat ini adalah Morgan Stanley berniat merger dengan Wachovia Corp.

Pemerintah Amerika juga telah menyiapkan dana $700 milyar untuk mengatasi krisis keuangan perusahaan sekuritas di Amerika akibat subprime mortgage. Depkeu AS akan merivisi anggarannya sesuai dengan rencana itu.

Kombinasi pengeluaran $700 milyar untuk penyelamatan aset yang berhubungan dengan mortgage (kredit perumahan) dan $ 400 milyar lainnya untuk penyelamatan pasar keuangan akan membuat hutang pemerintah Amerika lebih dari $1 trilyun , hal ini disampaikan oleh analis dari grup Barclays Capital.

Langkah penyelamatan ini meski dilihat dapat mengembalikan keyakinan investor pada kondisi pasar keuangan, namun para trader masih menunggu beberapa laporan ekonomi mendatang seperti laporan current-account,trade balance, dan isu pemotongan suku bunga.

John Taylor, CEO Foreign Exchange Concepts Inc. di New York yang mengelola dana sebesar USD15 milliar mengatakan bahwa “Saat sisi lain dari tindakan penyelamatan ini terlihat, USD akan jatuh”

Sementara itu BoJ dan RBA yang minggu lalu telah menghabiskan total dana $ 40 milyar lebih untuk meredam gejolak pasar keuangannya, telah menambah $15.7 milyar lagi untuk hal yang sama. Perinciannya adalah BoJ $14 milyar dan RBA(bank sentral Ausi) $1.7 milyar. Tindakan ini dipandang perlu untuk mencegah krisis kredit yang akan berpotensi menyerang perusahaan sekuritas di negara masing-masing.

Tidak banyak berita Fundamental yang akan direlease hari ini. Anda dapat melihat peluang penuruanan USD dari berita diatas dengan open posisi Buy EUR/USD, GBP/USD, AUD/USD dan Sell USD/JPY.

19.30 WIB
Nilai Core Retail Sales Kanada diprediksi akan mengalami penurunan dari 1.4% menjadi 0.3%. Core Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan Retail Sales yang nilainya tetap. Nilainya didapat dari nilai Retail Sales dikurangi dengan total penjualan mobil di negara tersebut. Sektor penjualan mobil dinilai tidak tetap nilainya.

Prediksi pergerakan harga hari ini, Senin 22 September 2008 :
EUR/USD : 1.4420 - 1.4580 (trend naik)
GBP/USD : 1.8220 - 1.8450 (trend naik)
AUD/USD : 0.8240 - 0.8440 (trend naik)
USD/CHF : 1.0900 - 1.1255 (trend turun)
USD/JPY : 104.00 - 108.00 (trend turun)
USD/CAD : 1.0355 - 1.0620 (trend turun)

Rightmove House Price Index adalah sebuah indikator yang menghitung rata-rata perubahan harga rumah dalam satu bulan disuatu negara.
Jika nilai Rightmove HPI Inggris naik maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Core Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan Retail Sales yang nilainya tetap. Nilainya didapat dari nilai Retail Sales dikurangi dengan total penjualan mobil di negara tersebut. Sektor penjualan mobil dinilai tidak tetap nilainya.
Jika nilai Core Retail Sales Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Pada pukul 06.50 WIB telah berlangsung pertemuan Monetary Policy Meeting Minutes oleh BoJ yang membahas perekonomian Jepang saat ini yang menjadi acuan mereka menetapkan suku bunga nantinya.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home