Fundamental-Rabu, 24 Des 2008

Thursday, December 25, 2008

Fundamental-Rabu, 24 Des 2008

Kepercayaan konsumen terhadapa sektor manufaktur terus menurun menyusul dirilisnya laporan index BSI Manufacturing yang nilainya -44.5 atau lebih rendah dari prediksi pasar -12.0 dan nilai pada periode sebelumnya yaitu -10.0.
Hingga hari ini nilai saham yang mengalami penurunan di Jepang adalah sektor otomotif, kamera dan TV. Pada bulan November lalu nilai ekspor Jepang turun 26.7%. Toyota Motor Corp. memprediksikan total nilai kerugian perusahaan adalah
yang terbesar sejak 71 tahun terakhir.

Hari ini nilai Yen diprediksikan akan menguat terhadap dollar setelah dua hari berturut-turut melemah. Dollar juga diprediksikan akan melemah terhadap Euro jelang dirilisnya data ekonomi AS yaitu : Core Durable Goods Orders m/m & Unemployment Claims malam nanti.
Tahun ini, dollar telah menguat terhadap Euro sebesar 4.4%, 34% terhadap poundsterling dan 29% terhadap dollar Ausi. Terkait dengan saham Asia yang turun hari ini maka nilai mata uang AUD & NZD juga akan mengalami penurunan terhadap USD & Yen. Harga komoditas emas dan pertanian juga akan turun jelang Natal dan Tahun Baru mendatang.

Preview Berita Hari ini :
20.30 WIB
Nilai GDP m/m Kanada diperkirakan akan turun dari 0.1% menjadi -0.3%. GDP(Gross Domestic Product) adalah sebuah indikator yang mengukur nilai market barang-barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara, tanpa mempertimbangkan kebangsaan perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa tersebut. GDP terdiri dari 4 komponen utama yaitu: tingkat konsumsi, investasi, pembelian-pembelian oleh pemerintah, dan total bersih ekspor.

Nilai Core Durable Goods Orders m/m AS diprediksikan akan naik dari -5.4% menjadi -3.0%. Core Durable Goods Orders adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari Core Durable Goods Orders. Nilainya didapat dari total Durable Goods Orders dikurangi dengan komponen bahan baku untuk sektor Transportasi.

Nilai Unemployment Claims AS juga diprediksikan akan turun sehingga Belajarforex.com memprediksikan nilai USD cenderung naik dari saat ini hingga malam nanti.

Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.3850 - 1.4050 (sideways)

GBP/USD : 1.4650 - 1.4850 (sideways)

AUD/USD : 0.6600 - 0.6850 (trend turun)

NZD/USD : 0.5550 - 0.5850 (trend turun)

USD/CAD : 1.2100 - 1.2220 (sideways)

USD/CHF : 1.0800 - 1.0950 (sideways)

USD/JPY : 89.50 - 92.00 (sideways)

NZD/JPY : 49.00 - 52.00 (trend turun)

AUD/JPY : 59.00 - 61.50 (trend turun)

EUR/JPY : 124.00 - 127.00 (sideways)

GBP/JPY : 132.00 - 134.50 (sideways)

EUR/GBP : 0.9400 - 0.9500 (sideways)

Minyak :$ 34 - 43 (sideways)

Emas :$ 820 - 865 (sideways)

USD/IDR : 11.000 - 12.000 (sideways)


BSI Manufacturing Index adalah sebuah indikator yang mengukur nilai penyebaran index berdasar survei yang dilakukan terhadap perusahaan manufaktur.
Jika nilai BSI Manufacturing Index Jepang lebih rendah dari prediksi pasar maka nilai mata uang Yen telah mengalami penurunan.

GDP(Gross Domestic Product) adalah sebuah indikator yang mengukur nilai market barang-barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara, tanpa mempertimbangkan kebangsaan perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa tersebut. GDP terdiri dari 4 komponen utama yaitu: tingkat konsumsi, investasi, pembelian-pembelian oleh pemerintah, dan total bersih ekspor.
Jika nilai GDP Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Core Durable Goods Orders adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari Core Durable Goods Orders. Nilainya didapat dari total Durable Goods Orders dikurangi dengan komponen bahan baku untuk sektor Transportasi.
Jika nilai Core Durable Goods Orders AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Unemployment Claims adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah orang yang gagal mendapatkan asuransi pengangguran untuk pertama kali hingga minggu lalu.
Jika nilai Unemployment Claims AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Core Personal Consumption Expenditures (PCE) Price Index adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat inflasi yang dibebankan oleh konsumen saat membeli barang dan jasa diluar konsumsi akan makanan dan energi.
Jika nilai Core PCE Price Index AS tetap maka nilai mata uang USD akan tetap nilainya.

Durable Goods Orders adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah permintaan bahan baku oleh perusahaan manufaktur domestik. Bahan baku yang dipesan adalah bahan baku yang mempunyai umur ekonomis yang lebih dari 3 tahun seperti komponen mobil, komputer, alat-alat berat, dan pesawat terbang.
Jika nilai Durable Goods Orders AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Personal Spending adalah sebuah indikator yang mengukur jumlah konsumsi masyarakat untuk membeli barang dan jasa.
Jika nilai Personal Spending AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Crude Oil Inventories adalah sebuah indikator yang dirilis mingguan yang mengukur kenaikan persediaan minyak mentah untuk dijual yang dimiliki perusahaan terkemuka di AS.
Jika nilai Crude Oil Inventories AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Pagi tadi pada pukul 00.30 WIB Presiden European Central Bank Jean-Claude Trichet telah menyampaikan pidatonya dalam pertemuan Libres Echanges Conference, in Paris.

Hari ini bank-bank di Jerman dan Italia libur karena menyambut libur natal 2008.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home