Fundamental-Rabu, 17 Des 2008

Wednesday, December 17, 2008

Fundamental-Rabu, 17 Des 2008

Sungguh mencengangkan dan mengherankan khalayak. FED memotong 75 basis poin suku bunganya setelah sempat diisukan hanya 50 basis poin saja dari suku bunga sebelumnya yang sebesar 1.00%. Krisis keuangan dan kredit yang mencapai trilyunan dollar memaksa pemerintah untuk melakukan hal itu agar investor masih "melirik" AS sebagai tempat ideal untuk berinvestasi. Jika investor masuk maka banyak perusahaan yang menjalankan bisnisnya dan juga menyerap pengangguran lokal.
Yah, saat ini suku bunga AS resmi 0.25% setahun atau dibawah suku bunga Jepang yang sebesar 0.30%. Jadi jika BoJ tetap mempertahankan suku bunga sebesar 0.30% maka buka posisi USD/JPY akan dapat bunga premium, saat ini akan dikenakan bunga premium(swap negatif) atas transaksi Buy USD/JPY yang menginap.
Betul juga, FED dari jauh-jauh hari akan memotong suku bunga AS mendekati nol. Memang terbukti. Efeknya EUR/USD kembali lompat ke 1.4100 setelah kemarin berada pada rate 1.3700 - 1.3800. Dollar Kanada juga kembali meroket nilainya setelah keputusan FED memotong suku bunga.

Kemungkinan hari ini BoJ akan mempertahankan reputasi suku bunganya agar tetap yang "termungil(terkecil)" diantara semua negara didunia. Untuk itu BoJ diprediksikan akan memangkas suku bunganya yang sebesar 0.30% yang saat ini berlaku. Belajarforex.com memprediksikan BoJ akan memangkas 10 basis poin lagi hari ini hingga ke 0.20%.
Tujuannya agar transaksi swap antar bank tetap harmonis.

Diprediksikan hari ini nilai dollar dan Yen akan mengalami koreksi naik. Anda dapat open posisi Sell EUR/USD dan Buy USD/JPY hari ini.

Preview Berita hari ini :
16.30 WIB
Nilai Claimant Count Change Inggris diprediksikan akan naik dari 36.5K menjadi 45.0K. Claimant Count Change adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat pengangguran yang ingin mendapatkan tunjangan dari pemerintah pada bulan lalu.

18.00 WIB
Nilai CBI Realized Sales diprediksikan akan naik dari -46 menjadi -41. Confederation of British Industry Realized Sales adalah sebuah indikator yang menghitung nilai penyebaran index dari sektor ritel dan pedagang besar.

Prediksi pergerakan hari ini :
EUR/USD : 1.3700 - 1.4250 (trend turun)

GBP/USD : 1.5300 - 1.5855 (trend turun)

AUD/USD : 0.6700 - 0.7040 (trend turun)

NZD/USD : 0.5500 - 0.5840 (trend turun)

USD/CAD : 1.1850 - 1.2255 (trend naik)

USD/CHF : 1.0750 - 1.1400 (trend naik)

USD/JPY : 88.00 - 90.00 (trend naik)

NZD/JPY : 49.50 - 52.00 (trend turun)

AUD/JPY : 59.00 - 62.50 (trend turun)

EUR/JPY : 121.50 - 126.00 (trend turun)

GBP/JPY : 136.00 - 140.00 (trend turun)

EUR/GBP : 0.8900 - 0.9100 (trend turun)

USD/IDR : 11.000 - 12.000 (trend naik)

Emas : $820.00- 860.00 (trend turun)

Minyak : $40.00 - 48.50 (trend turun)


Federal Open Market Committee (FOMC) merelease tingkat suku bunga Amerika Serikat delapan kali dalam setahun. Jika ada tekanan inflasi biasanya bank sentral akan menaikan tingkat suku bunga lokal.
Jika nilai suku bunga AS (Federal Funds Rate) turun maka nilai mata uang USD telah mengalami penurunan.

Claimant Count Change adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat pengangguran yang ingin mendapatkan tunjangan dari pemerintah pada bulan lalu.
Jika nilai Claimant Count Change Inggris naik maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Bank of England (BOE) Monetary Policy Committee (MPC) Meeting Minutes adalah sebuah pertemuan yang membicarakan tingkat suku bunga yang berlaku di negara Inggris untuk beberapa waktu terakhir ini.
Jika nilai BoE MPC Meeting Minutes tetap maka nilai mata uang GBP akan tetap nilainya.

Average Earnings Index (AEI) adalah sebuah indikator yang mengukur rata-rata upah, termasuk bonus yang dibayarkan kepada pekerja.
Jika nilai Average Earnings Index Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Consumer Price Index (CPI) adalah indikator yang mengukur tingkat kenaikan barang dan jasa yang dikenakan kepada konsumen. Kenaikan harga barang dan jasa pada akhirnya akan meningkatkan inflasi yang pada akhirnya biasanya harus diimbangi dengan menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga dapat memperkuat mata uang negara yang bersangkutan.
Jika nilai CPI Eropa tetap maka nilai mata uang Euro akan tetap nilainya.

Core CPI(Consumer Price Index) adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari CPI. Nilainya didapat dari total CPI dikurangi dengan komponen makanan segar. Nilai makanan segar dinilai membuat trend inflasi CPI menjadi sering berubah-ubah nilainya.
Jika nilai Core CPI Eropa tetap maka nilai mata uang Euro akan tetap nilainya.

Confederation of British Industry Realized Sales adalah sebuah indikator yang menghitung nilai penyebaran index dari sektor ritel dan pedagang besar.
Jika nilai CBI Realized Sales naik maka nilai mata uang GBP akan mengalami kenaikan.

Wholesale Sales adalah sebuah indikator yang mengukur nilai pertumbuhan penjualan disektor penjualan besar.
Jika nilai Wholesale Sales Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Current Account adalah selisih antara total ekspor dan impor barang, jasa, dan transfer. Merupakan bagian dari neraca perdagangan. Dalam perhitungannya, Current Account tidak mencakup transaksi-transaksi asset finansial dan kewajiban (hutang). Data ini merupakan indikator tren perdagangan luar negeri.
Jika nilai Current Account AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Crude Oil Inventories adalah sebuah indikator yang dirilis mingguan yang mengukur kenaikan persediaan minyak mentah untuk dijual yang dimiliki perusahaan terkemuka di AS.
Jika nilai Crude Oil Inventories AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home