Fundamental-Jumat, 31 Okt 2008

Friday, October 31, 2008

Fundamental-Jumat, 31 Okt 2008

Perekonomian Amerika mengalami penurunan tajam dan resesi menjelang pemilihan Presiden AS minggu depan. Hari Kamis kemarin nilai Advance GDP q/q dirilis lebih rendah dari periode sebelumnya yaitu -0.3% atau turun drastis dibanding periode sebelumnya yang sebesar 2.8%. Pelemahan USD dimulai dari pemotongan suku bunga oleh FED Kamis dinihari kemarin. Menkeu AS kemarin telah menegaskan akan menjamin surat pinjaman atau obligasi yang beredar di Amerika saat ini.

Pemotongan suku bunga Amerika Kamis dini hari lalu membuat sejumlah komoditi utama kembali naik. Minyak mentah yang sempat berada pada posisi $62 menjadi $64.1 per barel saat ini dan emas yang merosot $720 dua hari lalu terkoreksi naik kembali menjadi $733.60 per ons saat ini. Nilai USD/CAD yang sempat tinggi diposisi 1.3000 awal minggu ini terperosok ke area 1.1900 kemarin. Saat ini USD/CAD kembali terkoreksi ke 1.2130.



Nilai Household Spending y/y & Tokyo Core CPI y/y yang terus menurun membuat nilai mata uang Yen terus merosot tajam. GBP/JPY yang dua hari lalu di kisaran 154.00 terkoreksi naik diposisi 160.00 saat ini. Yen juga terkoreksi melemah terhadap Euro dimana pada dua hari lalu EUR/JPY yang berada pada posisi 123.00 saat ini terkoreksi ke posisi 126.00. Pelemahan Yen diprediksikan akan terus berlanjut hari ini dikarenakan BoJ berencana memotong suku bunga 25 basis poin yang jamnya belum ditentukan oleh narasumber kami.



Preview Berita Hari ini, Jumat 31 Oktober 2008

19.30 WIB

Nilai GDP m/m Kanada diprediksikan akan turun dari 0.7% menjadi -0.3%.



Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.2430 - 1.3160 (trend turun)

GBP/USD : 1.6120 - 1.6560 (sideways)

AUD/USD : 0.6500 - 0.6875 (sideways)

NZD/USD : 0.5750 - 0.6000 (sideways)

USD/CHF : 1.1260 - 1.1625 (sideways)

USD/CAD : 1.1875 - 1.2365 (sideways)

USD/JPY : 97.25 - 100.00 (sideways)

NZD/JPY : 55.35 - 60.25 (sideways)

AUD/JPY : 64.55 - 68.35 (sideways)

EUR/JPY : 124.35 - 131.25 (sideways)

GBP/JPY : 158.60 - 167.55 (sideways)



Sumber :

http://www.bloomberg.com/

Household Spending adalah sebuah indikator yang menghitung nilai inflasi yang disesuaikan dengan pengeluran konsumsi oleh konsumen.
Jika nilai Household Spending Jepang lebih tinggi dari prediksi pasar maka nilai mata uang Yen telah mengalami kenaikan.

Core CPI Tokyo adalah sebuah indikator yang menghitung Core CPI dari ibukota negara saja yaitu Tokyo. Tokyo adalah cerminan dari Core CPI Nasional Jepang. Para trader lebih memperhatikan trend dalam Core CPI Tokyo.
Jika nilai Core CPI Tokyo sama dengan prediksi pasar maka nilai mata uang Yen tetap nilainya.

GfK Consumer Confidence adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat sebaran survey konsumen di Inggris.
Jika nilai GfK Consumer Confidence lebih rendah dari prediksi pasar maka nilai mata uang GBP telah mengalami penurunan.

Private Sector Credit adalah sebuah indikator yang mengukur nilai total kredit dari sektor swasta dengan perantaraan perusahaan keuangan.
Jika nilai Private Sector Credit Ausi lebih tinggi dari prediksi pasar maka nilai mata uang AUD telah mengalami kenaikan.

Bank of Japan (BOJ) Monetary Policy Committee merelease tingkat suku bunga Jepang setiap bulan. Tingkat suku bunga yang direlase adalah untuk jangka pendek atau setidaknya hanya berlaku satu bulan.
Jika nilai suku bunga Jepang turun maka nilai mata uang Yen akan mengalami penurunan.

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales Jerman turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

CPI Flash Estimate adalah sebuah indikator yang mengukur nilai perubahan barang dan jasa yang dikenakan kepada konsumen.
Jika nilai CPI Flash Estimate Eropa turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

KOF Economic Barometer adalah sebuah indikator yang mengukur nilai gabungan 25 index ekonomi utama di Swiss.
Jika nilai KOF Economic Barometer Swiss turun maka nilai mata uang CHF akan mengalami penurunan.

GDP(Gross Domestic Product) adalah sebuah indikator yang mengukur nilai market barang-barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara, tanpa mempertimbangkan kebangsaan perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa tersebut. GDP terdiri dari 4 komponen utama yaitu: tingkat konsumsi, investasi, pembelian-pembelian oleh pemerintah, dan total bersih ekspor.
Jika nilai GDP Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Core Personal Consumption Expenditures (PCE) Price Index adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat inflasi dari sisi konsumen saat membeli barang dan jasa dikurangi dengan sektor makanan dan energi.
Jika nilai Core PCE Price Index AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Employment Cost Index (ECI) adalah sebuah indikator yang menghitung perubahan biaya upah tenaga kerja, termasuk didalamnya adalah : gaji, upah, uang lembur dan bonus.
Jika nilai Employment Cost Index AS tetap maka nilai mata uang USD akan tetap nilainya.

Personal Spending adalah sebuah indikator yang mengukur jumlah konsumsi masyarakat untuk membeli barang dan jasa.
Jika nilai Personal Spending AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Chicago Purchasing Manager's Index (PMI) adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat pertumbuhan bisnis di wilayah Chicago. Indikator ini didapat berdasarkan survey terhadap sejumlah manajer pembelian yang berpendapat tentang naik atau turunnya setiap aktifitas perusahaannya.
Jika nilai Chicago PMI turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Consumer Sentiment adalah sebuah indikator yang mengukur sikap konsumen terhadap situasi saat ini dan dimasa mendatang.
Jika nilai Revised UoM Consumer Sentiment AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Pada pukul 07.30 WIB pagi tadi Asisten Gubernur(Divisi Finansial Market) Dr. Guy Debelle telah berpidato dalam pertemuan FTA Congress 2008, di Melbourne, Ausi.

Jelang pengumuman suku bunga BoJ akan merilis Monetary Policy Statement dan BOJ Press Conference. BOJ Press Conference adalah sebuah jumpa pers para pejabat BoJ dengan para investor di jepang mengenai kebijakan ekonomi.

Pada pukul 13.00 WIB siang nanti akan dirilis BOJ Outlook Report.
Bank of Japan (BOJ) Outlook for Economic Activity and Prices Report adalah suatu laporan kualitatif mengenai ekonomi dan kebijakannya, dan juga nilai inflasi selama enam bulan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home