Fundamental-Kamis, 23 Okt 2008

Thursday, October 23, 2008

Fundamental-Kamis, 23 Okt 2008

Pada pukul 03..00 pagi tadi, Reserve Bank of New Zealand telah memotong tingkat suku bunga sebesar 100 bp yaitu dari 7.50% menjadi 6.50%. Jika Anda telah membuka Sell NZD/JPY atau NZD/USD pada kemarin malam maka Anda pasti telah mendapatkan keuntungan minimal sebesar 100 poin.

Penurunan tersebut diikuti oleh penurunan saham bank umum terbesar Ausi yaitu Australia & New Zealand Banking Group Ltd. sebesar 35%. Penurunan pendapatan bank tersebut telah mencapai A$1.36 milyar($905 juta) dalam enam bulan per 30 September 2008 lalu.

Hari ini nilai mata uang Pound dan Euro cenderung akan melemah kembali terhadap USD dan Yen karena akibat menurunnya index saham global. Selain itu hampir semua orang percaya BoE dan ECB akan memotong suku bunga kembali dan menguatkan sentimen pasar untuk terus Sell Euro dan Pound diwaktu kedepan.

Hasil MPC Meeting Minutes oleh BoE kemarin yaitu 0-9-0 member gambaran mengenai persetujuan akan pemotongan suku bunga diwaktu kedepan oleh BoE.



Preview Berita Hari ini, Kamis 23 Oktober 2008 :



15.30 WIB

Nilai Retail Sales m/m Inggris diprediksikan akan turun dari 1.2% menjadi -0.8%. Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.



19.30 WIB

Nilai Unemployment Claims AS diprediksikan akan naik dari 461K menjadi 470K. Unemployment Claims adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah orang yang gagal mendapatkan asuransi pengangguran untuk pertama kali hingga minggu lalu.



Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.2455 - 1.2955 (trend turun)

GBP/USD : 1.5845 - 1.6475 (trend turun)

AUD/USD : 0.6400 - 0.6755 (trend turun)

NZD/USD : 0.5700 - 0.6150 (trend turun)

USD/CHF : 1.1425 - 1.1825 (trend naik)

USD/JPY : 95.00 - 99.25 (trend turun)

USD/CAD : 1.2375 - 1.2835 (trend naik)

NZD/JPY : 55.00 - 59.65 (trend turun)

AUD/JPY : 62.00 - 66.35 (trend turun)

EUR/JPY : 122.00 - 127.00 (trend turun)

GBP/JPY : 155.00 - 160.55 (trend turun)



Sumber : Bloomberg.com


Reserve Bank of New Zealand (RBNZ),sebagai bank sentral New Zealand merelease tingkat suku bunga sebanyak delapan kali dalam setahun.
Jika nilai Suku Bunga Selandia Baru(Official Cash Rate) turun maka nilai mata uang NZD telah mengalami penurunan.

Consumer Spending adalah sebuah indikator ekonomi yang menghitung nilai pengeluaran konsumen saat membeli barang dan jasa.
Jika nilai Consumer Spending Perancis naik maka nilai mata uang Euro akan mengalami kenaikan.

Current Account adalah selisih antara total ekspor dan impor barang, jasa, dan transfer. Merupakan bagian dari neraca perdagangan. Dalam perhitungannya, Current Account tidak mencakup transaksi-transaksi asset finansial dan kewajiban (hutang). Data ini merupakan indikator tren perdagangan luar negeri.
Jika nilai Current Account Eropa turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

BBA Mortgage Approvals adalah sebuah indikator yang menghitung asset pemerintah yang telah dibeli oleh pihak asing sebagai investasi.
Jika nilai BBA Mortgage Approvals Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Industrial New Orders adalah sebuah indikator yang menghitung pertumbuhan dari jumlah barang yang dibeli oleh perusahaan manufaktur seperti bahan baku dan bahan jadi.
Jika nilai Industrial New Orders Eropa turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Unemployment Claims adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah orang yang gagal mendapatkan asuransi pengangguran untuk pertama kali hingga minggu lalu.
Jika nilai Unemployment Claims AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Belgium NBB Business Climate adalah sebuah indikator yang menghitung nilai index gabungan yang mengukur nilai manufaktur, pembangunan, dan aktifitas yang terkait dengan perdagangan.
Jika nilai Belgium NBB Business Climate turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Pagi tadi yaitu pada pukul 03.00 WIB para pejabat Reserve Bank of New Zealand telah mengumumkan pemotongan tingkat suku bunga 100bp dan memberikan pandangan tentang situasi ekonomi saat ini.

Malam nanti pada pukul 21.30 WIB akan dikeluarkan laporan BOC Monetary Policy Report. Bank of Canada (BOC) Monetary Policy Report adalah sebuah laporan yang direlease oleh Bank of Canada (BOC) selaku bank sentral Kanada yang berisi tentang gambaran perekonomian di Kanada. Laporan ini direlease dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April and Oktober.
Pada waktu yang sama Gubernur Bank of Canada, Mark Carney akan menyampaikan pidatonya tentang laporan BOC Monetary Policy Report, di Ottawa.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home