Fundamental-Jumat, 24 Okt 2008

Friday, October 24, 2008

Fundamental-Jumat, 24 Okt 2008

Efek penguatan USD & Yen masih terasa hingga saat ini. Anda dapat membuka posisi Sell EURUSD, GBPUSD, GBPJPY & EURJPY saat ini.

Penurunan Euro terhadap dollar juga diakibatkan oleh permohonan pinjaman dana dari IMF oleh beberapa negara Uni Eropa seperti Ukraina, Hungaria, dan Islandia dengan total dana $20 milyar.

Pejabat OPEC merasa cemas dengan perkembangan harga minyak kaitannya dengan perekonomian dunia setelah menghadiri pertemuan di Vienna hari Kamis kemarin.

Bayangkan saja, dari pertengahan Juli harga minyak mencapai titik tertinggi $147.27, dan pada penutupan Kami(23/10) kemarin harga per barel minyak berada dibawah $67.

Jatuhnya harga minyak menyebabkan OPEC akan mengadakan pertemuan kembali untuk menyusun agenda pembicaraan untuk tanggal 18 November mendatang.

Turunnya harga minyak tersebut dapat memicu OPEC untuk membatasi produksi minyak agar harga menjadi lebih stabil.

Presiden OPEC Chakib Khelil mengatakan bahwa mereka akan mengadakan pertemuan untuk membicarakan keseimbangan

Hasil pertemuan dan keputusan OPEC akan berdampak luas terhadap krisis keuangan dunia saat ini.



Rumor yang berkembang saat ini adalah pemerintah Rusia saat ini akan memotong nilai mata uangnya (devaluasi) terkait dengan krisis keuangan hebat yang melanda Rusia saat ini. Dan saat ini masyarakat Rusia mulai mengganti Rubel mereka dengan dollar atau surat berharga lain seperti saham blue chips yang lebih berharga.

Dari gedung BoJ, ditemukan adanya spekulasi bahwa BoJ akan memangkas suku bunga dari 0.5% menjadi 0.25% pada pengumuman berikutnya.

Standard & Poor's Ratings Services juga telah memperingatkan pemerintah Rusia untuk menurunkan peringkat penyelesaian hutang terhadap IMF.



Saat ini harga rumah di Amerika turun 5.9%(penurunan terendah sejak 1991) menurut data Federal Housing Finance Agency. Penurunan ini mengindikasikan bahwa krisis subprime di Amerika saat ini masih belum selesai.



Preview Berita Hari ini, Jumat 24 Oktober 2008 :

14.30 WIB

Nilai German Flash Manufacturing PMI diprediksikan akan turun dari 47.4 menjadi 46.0. Flash Manufacturing PMI adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat penyebaran yang dilakukan para manajer pembelian dalam industri manufaktur.





15.30 WIB

Nilai Prelim GDP q/q Inggris diprediksikan akan mengalami penurunan dari 0.0% menjadi -0.2%. GDP(Gross Domestic Product) adalah sebuah indikator yang mengukur nilai market barang-barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara, tanpa mempertimbangkan kebangsaan perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa tersebut. GDP terdiri dari 4 komponen utama yaitu: tingkat konsumsi, investasi, pembelian-pembelian oleh pemerintah, dan total bersih ekspor.





18.00 WIB

Nilai Core CPI m/m Kanada diprediksikan akan tetap nilainya yaitu sebesar 0.3%. Core CPI(Consumer Price Index) adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari CPI. Nilainya didapat dari total CPI dikurangi dengan komponen makanan segar. Nilai makanan segar dinilai membuat trend inflasi CPI menjadi sering berubah-ubah nilainya.





21.00 WIB

Nilai Existing Home Sales AS diprediksikan akan naik dari 4.91M menjadi 4.93M. Existing Home Sales adalah sebuah indikator ekonomi yang menghitung jumlah rumah yang terjual pada bulan lalu.



Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.2500 - 1.3000 (trend turun)

GBP/USD : 1.5750 - 1.6240 (trend turun)

AUD/USD : 0.6330 - 0.6675 (trend turun)

NZD/USD : 0.5500 - 0.5920 (trend turun)

USD/CHF : 1.1550 - 1.1825 (trend naik)

USD/JPY : 93.00 - 97.60 (trend turun)

USD/CAD : 1.2430 - 1.2835 (trend naik)

NZD/JPY : 53.00 - 58.00 (trend turun)

AUD/JPY : 60.00 - 65.00 (trend turun)

EUR/JPY : 118.25 - 125.70 (trend turun)

GBP/JPY : 149.00 - 158.60 (trend turun)



Sumber :

http://bloomberg.com/

Flash Manufacturing PMI adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat penyebaran yang dilakukan para manajer pembelian dalam industri manufaktur.
Jika nilai Flash Manufacturing PMI Perancis turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.
Jika nilai Flash Manufacturing PMI Jerman turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.
Jika nilai Flash Manufacturing PMI Eropa turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Flash Service PMI sebuah indikator yang mengukur tingkat penyebaran yang dilakukan para manajer pembelian dalam industri jasa.
Jika nilai Flash Service PMI Jerman turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.
Jika nilai Flash Service PMI Eropa turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Prelim GDP adalah sebuah indikator yang menghitung nilai nilai perubahan barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam suatu periode.
Jika nilai Prelim GDP turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Core CPI(Consumer Price Index) adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari CPI. Nilainya didapat dari total CPI dikurangi dengan komponen makanan segar. Nilai makanan segar dinilai membuat trend inflasi CPI menjadi sering berubah-ubah nilainya.
Jika nilai Core CPI Kanada tetap maka nilai mata uang CAD akan tetap nilainya.

Consumer Price Index (CPI) adalah indikator yang mengukur tingkat kenaikan barang dan jasa yang dikenakan kepada konsumen. Kenaikan harga barang dan jasa pada akhirnya akan meningkatkan inflasi yang pada akhirnya biasanya harus diimbangi dengan menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga dapat memperkuat mata uang negara yang bersangkutan.
Jika nilai CPI Kanada naik maka nilai mata uang CAD akan mengalami kenaikan.

Existing Home Sales adalah sebuah indikator ekonomi yang menghitung jumlah rumah yang terjual pada bulan lalu.
Jika nilai Existing Home Sales AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home