Fundamental-Selasa, 25 Nov 2008

Wednesday, November 26, 2008

Fundamental-Selasa, 25 Nov 2008

Nilai German Ifo Business Climate yang dirilis pada pukul 16.00 WIB kemarin hanya membuat nilai mata uang Euro mengalami penurunan kecil dan setelah itu mengikuti arah pergerakan teknikal yang sedang naik. Nilai saat dirilis adalah sebesar 85.8 atau lebih rendah dari prediksi pasar yang sebesar 88.8 dan nilai pada periode lalu yang sebesar 90.2.



Malam harinya nilai Existing Home Sales AS dirilis sebesar 4.98M atau lebih rendah dari prediksi pasar yang sebesar 5.02 dan nilai pada periode lalu yang sebesar 5.14M. Nilai dollar saat berita tersebut mengalami penurunan.



Hari ini nilai dollar diprediksikan akan kembali menguat setelah terkoreksi turun secara signifikan sejak kemarin. Saat ini saham Amerika terkoreksi naik 6%. Pagi tadi pada pukul 00.00 WIB Presiden AS Barack Obama mengatakan bahwa pihaknya akan memperbaiki sikstem fiskal AS agar perekonomian AS kembali normal. Untuk program ini diperkirakan membutuhkan dana $500 - 700 milyar.



Nilai Yen hari ini diperkirakan akan menguat sebelum laporan perekonomian mengenai resesi yang melanda dunia, dan akan membuat investor akan memotong assetnya di Jepang. Mata uang dollar & Yen melemah kemarin karena AS kembali mengeluarkan dana untuk Citigroup dan Presiden AS Barack Obama mengeluarkan paket stimulus yang tidak mendukung penanggulangan kemiskinan, mengurangi permintaan akan dollar yang lebih dikenal sebagai carry trade.

Pakar valas dari Bank of New Zealand Ltd. Danica Hampton, mengatakan bahwa banyak kalangan yang skeptis mengenai penyelematan Citigrup akan meningkatkan kepercayaan investor. Yen naik ke 96.67 setelah sempat menyentuh level 97.34 di pasar New York kemarin, mengaut 124.50 per euro setelah menyentuh level 126.08.

Citigrup mendapat bantuan dana $306 milyar untuk dana penanggulangan krisis dan juga injeksi dana 20 milyar. Selain itu Barack Obama memperkirakan akan ada PHK besar-besaran di AS tahun depan. Total kerugian institusi keuangan di AS saat ini mencapai $968 milyar.



Nilai Euro hari ini juga akan melemah karena ECB diprediksikan akan memotong suku bunga zona Eropa pada Desember mendatang. Inflasi di 15 negara Eropa mencapai 2.4% pada November atau turun bila dibanding dengan bulan Oktober yang sebesar 3.2%. Jika FED sudah tidak akan memotong suku bunga kembali maka berbeda dengan negara lain seperti Uni Eropa, Inggris, Selandia Baru, dan Ausi. Negara lain selain AS dan Jepang cenderung akan memotong suku bunga pada kesempatan berikutnya.



Nilai inflasi di Selandia Baru yang dirilis jam 9 pagi tadi yang nilainya 2.7%, ternyata lebih rendah bila dibanding dengan nilai pada periode lalu yang sebesar 3.0%. Banyak pihak memprediksikan nilai suku bunga Selandia Baru akan dipotong 100 - 150 basis poin pada Desember mendatang terkait resesi ekonomi di NZ.



Preview Berita hari ini, Selasa 25 November 2008 :

20.30 WIB

Nilai Core Retail Sales m/m Kanada diprediksikan akan naik dari -0.3% menjadi 0.2%. Core Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan Retail Sales yang nilainya tetap. Nilainya didapat dari nilai Retail Sales dikurangi dengan total penjualan mobil di negara tersebut. Sektor penjualan mobil dinilai tidak tetap nilainya.





20.30 WIB

Nilai Prelim GDP q/q AS diprediksikan akan turun dari -0.3% menjadi -0.5%. GDP(Gross Domestic Product) adalah sebuah indikator yang mengukur nilai market barang-barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara, tanpa mempertimbangkan kebangsaan perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa tersebut. GDP terdiri dari 4 komponen utama yaitu: tingkat konsumsi, investasi, pembelian-pembelian oleh pemerintah, dan total bersih ekspor. GDP Annualized q/q berindikasi dengan nilai GDP yang dibandingkan dengan periode 4 bulanan tahun ini dengan tahun kemarin.





22.00 WIB

Nilai CB Consumer Confidence AS diperkirakan akan tetap sebesar 38.0. Consumer Confidence adalah sebuah index yang mengukur mood konsumen terhadap prospek perekonomian di suatu negara di masa mendatang.





Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.2500 - 1.2900 (trend turun)

GBP/USD : 1.4700 - 1.5155 (trend turun)

AUD/USD : 0.6200 - 0.6555 (trend turun)

NZD/USD : 0.5200 - 0.5515 (trend turun)

USD/CHF : 1.1950 - 1.2255 (trend naik)

USD/CAD : 1.2250 - 1.2800 (trend naik)

USD/JPY : 93.50 - 97.20 (trend turun)

NZD/JPY : 49.50 - 53.20 (trend turun)

AUD/JPY : 59.20 - 63.30 (trend turun)

EUR/JPY : 120.00 - 125.55 (trend turun)

GBP/JPY : 142.00 - 147.30 (trend turun)

EUR/GBP : 0.8350 - 0.8530 (trend turun)

Emas : $750 - 840 (trend turun)

Minyak : $47 - 55 (trend turun)

Rupiah : 12700 - 13800 (trend turun)



Sumber :

http://bloomberg.com/apps/news?pid=20601068&sid=a.5UctJCtDBM&refer=home


Inflation Expectations adalah sebuah survey terhadap para manajer mengenai kenaikan harga barang dan jasa dalam dua tahun kedepan.
Jika nilai Inflation Expectations Selandia Baru turun maka nilai mata uang NZD telah mengalami penurunan.

Consumer Climate adalah sebuah indikator yang mengukur nilai mood konsumen terhadap perekonomian negaranya pada saat ini.
Jika nilai GfK German Consumer Climate turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Consumption Indicator adalah sebuah indikator yang menghitung total uang yang dikeluarkan konsumen dalam membeli barang dan jasa. UBS sebagai badan survey ekonomi di Swiss merelease indikator ini tiga bulan sebelum statistik pemerintah direlase.
Jika nilai UBS Consumption Indicator Swiss naik maka nilai mata uang CHF akan mengalami kenaikan.

BBA Mortgage Approvals adalah sebuah indikator yang menghitung asset pemerintah yang telah dibeli oleh pihak asing sebagai investasi.
Jika BBA Mortgage Approvals Inggris naik maka nilai mata uang GBP akan mengalami kenaikan.

Business Investment adalah sebuah indikator yang mengukur total pengeluaran dari semua sektor bisnis disuatu negara.
Jika nilai Prelim Business Investment Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Core Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan Retail Sales yang nilainya tetap. Nilainya didapat dari nilai Retail Sales dikurangi dengan total penjualan mobil di negara tersebut. Sektor penjualan mobil dinilai tidak tetap nilainya.
Jika nilai Core Retail Sales Kanada naik maka nilai mata uang CAD akan mengalami kenaikan.

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

GDP adalah nilai keseluruhan dari hasil produksi suatu negara, pendapatan berdasarkan batas fisik negara tersebut. Pendapatan ini dihitung dari penjualan barang dan jasa dalam suatu periode tertentu. GDP terdiri dari 4 komponen utama yaitu: tingkat konsumsi, investasi, pembelian-pembelian oleh pemerintah, dan total bersih ekspor.
Jika nilai Prelim GDP AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Consumer Confidence adalah sebuah index yang mengukur mood konsumen terhadap prospek perekonomian di suatu negara di masa mendatang.
Jika nilai CB Consumer Confidence AS tetap maka nilai mata uang USD akan tetap nilainya.

Dini hari tadi pada pukul 00.00 WIB Presiden AS Barack Obama telah melakukan press conference dengan tim ekonominya di Washington DC.

Siang nanti akan dirilis laporan BOJ Monthly Report pada pukul 12.00 WIB. Bank of Japan (BOJ) Monthly Report adalah sebuah laporan yang memberikan informasi tentang iklim perekonomian yang ditinjau dari sudut BoJ yang menyangkut masalah pertumbuhan ekonomi, inflasi, ekspor, dan tingkat suku bunga.

Pada pukul 16.45 WIB sore nanti, anggota Bank of England (BOE) Monetary Policy Committee (MPC) dan Gubernur BoE Mervyn King akan melakukan rapat sebelum merilis laporan inflasi yang akan diserahkan ke Parliament's Treasury Committee di London.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home