Fundamental-Kamis, 13 nop 2008

Thursday, November 13, 2008

Fundamental-Kamis, 13 nop 2008

Financeroll.com (13/11) – Dolar AS pada perdagangan tadi malam,menguat tajam akibat pernyataan pemerintah yang tidal jadi membeli asset asset perbankan yang bermasalah dengan menggunakan dana talangan dari $ 700 milyar.

Menteri Keuangan AS, Henry Paulson menyatakan bahwa pemerintah tidak menggunakan dana talangan untuk membeli aset-aset dari perbankan yang bermasalah namun akan lebih memfokuskan bantuan lembaga-lembaga keuangan yang berhubungan dengan investasi secara langsung.

Dolar AS menguat, dimana Euro diperdagangkan melemah dari $ 1.2531 menjadi $ 1.2512, sementara Ponsterling di perdagangkan di harga 1.4966 dollars dari 1.5401 dollars sebelumnya. Terhadap Franc Swiss relative tidak berubah dimana Dolar di kisaran harga 1.1866 Swiss francs . Namun terkoreksi atas Yen Jepang menjadi 95.52 Yen Jepang dari 97.68 Yen Jepang sebelumnya.

Tuntutan pengangguran Inggris atau yang lebih dikenal dengan Claimant Count Change naik dari 36.3K(bulan September 2008) menjadi 36.5K pada bulan Oktober lalu. Nilai pengangguran yang makin bertambah disertai krisis keuangan dan kredit di Inggris membuat nilai mata uang Pound terus melemah dalam dua hari terakhir ini. GBPUSD kemarin yang sempat berada pada area 1.5300 tiba-tiba merosot ke 1.4800 pagi tadi. Kebijakan AS dan turunnya sejumlah komoditas membuat nilai mata uang USD diprediksikan akan menguat kembali hari ini.

Saat ini harga minyak mentah dunia turun tajam pada rate $ 55.20 per barel dan emas pada rate 713.60 per troy ons. Belajarforex.com memprediksikan rate kedua komoditas tersebut akan terus turun hingga $50 per barel dan $710 per troy ons pada penutupan market hari ini.

Berbagai perusahaan Hedge Fund diperkirakan telah kehilangan asset total senilai $100 milyar pada Oktober lalu, menurut survey Eurekahedge Pte, grup perusahaan Sparx Group Co. dan Tantallon Capital. Kerugian tersebut disebabkan karena resesi dan krisis keuangan global.

Menteri Kuangan Henry Paulson berencana akan menggunakan sisa paket $700 milyar untuk menuntaskan masalah krisis kredit, penurunan konsumsi, dan krisis sektor perumahan.

Hari ini Yen Jepang diperkirakan akan terkoreksi turun terhadap dollar & euro dan mata uang lain karena RBA,ECB dan FED berencana akan masuk pasar dan membeli kembali mata uangnya masing-masing yang terpuruk jatuh dari kemarin malam hingga hari ini.


Euro melemah terhadap dollar karena data ekonomi German ZEW merosot sebagai pertanda Jerman memasuki masa resesi ekonomi. Jerman merupakan penyumbang GDP terbesar dalam Uni Eropa.

Penurunan AUD dan NZD kemarin malam lebih disebabkan karena nilai komoditas emas dan hasil pertanian mengalami penurunan tajam tadi malam. Analis pasar dari TD Securities di Sydney memprediksikan RBNZ sebagai bank sentral New Zealand akan memotong kembali suku bunga negara itu sebesar 100 basis poin pada 4 Desember 2008 mendatang.


Preview Berita Hari ini, Kamis 13 November 2008 :

14.00 WIB

Nilai German Prelim GDP q/q diprediksikan akan naik dari -0.5% menjadi -0.2%. Prelim GDP adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat perubahan nilai barang dan jasa yang diproduksi dalam satu satuan ekonomi.


20.30 WIB
Nilai Trade Balance Kanada diprediksikan akan turun dari 5.8B menjadi 5.1B. Trade Balance adalah suatu indikator yang menghitung ekspor bersih disuatu negara. Nilai Ekspor bersih didapat dari nilai ekspor dikurangi dengan nilai impor.


20.30 WIB
Nilai Trade Balance AS diprediksikan akan naik dari -59.1B menjadi -56.5B. Trade Balance adalah suatu indikator yang menghitung ekspor bersih disuatu negara. Nilai Ekspor bersih didapat dari nilai ekspor dikurangi dengan nilai impor.


Prediksi pergerakan harga hari ini :

Emas : $ 700.00 - 720.00 per troy ons (trend turun)

Minyak : $ 50.00 - 60.00 per barell (trend turun)

EUR/USD : 1.2200 - 1.2600 (trend turun)

GBP/USD : 1.4500 - 1.5100 (trend turun)

AUD/USD : 0.6200 - 0.6550 (trend turun)

NZD/USD : 0.5300 - 0.5750 (trend turun)

USD/USD : 1.1760 - 1.2055 (trend naik)

USD/CAD : 1.2135 - 1.2555 (trend naik)

USD/JPY : 93.00 - 97.70 (trend turun)

NZD/JPY : 51.00 - 55.00 (trend turun)

AUD/JPY : 58.00 - 63.00 (trend turun)

EUR/JPY : 115.50 - 120.30 (trend turun)

GBP/JPY : 135.00 - 144.50 (trend turun)

EUR/GBP : 0.8100 - 0.8500 (trend naik)


Core Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan Retail Sales yang nilainya tetap. Nilainya didapat dari nilai Retail Sales dikurangi dengan total penjualan mobil di negara tersebut. Sektor penjualan mobil dinilai tidak tetap nilainya.
Jika nilai Core Retail Sales Selandia Baru lebih rendah dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang NZD telah mengalami penurunan.

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales Selandia Baru lebih rendah dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang NZD telah mengalami penurunan.

Prelim GDP adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat perubahan nilai barang dan jasa yang diproduksi dalam satu satuan ekonomi.
Jika nilai German Prelim GDP naik maka nilai mata uang Euro akan mengalami kenaikan.

PPI(Product Price Index) adalah suatu indikator ekonomi yang menghitung tingkat inflasi dari barang-barang yang dibeli oleh produsen atau perusahaan manufaktur(pengolah barang). Jika tingkat inflasi barang dan jasa yang dibeli oleh produsen naik, maka nantinya produsen juga akan menaikan harga barang dan jasa untuk menutup kenaikan harga bahan baku yang telah dibeli. Jika harga barang dan jasa naik maka itulah sebagai awal mula pemicu inflasi dan pemerintah bersama bank sentral akan mencoba menaikan tingkat suku bunga.
Jika nilai PPI Swiss tetap maka nilai mata uang CHF akan tetap nilainya.

Zentrum für Europäische Wirtschaftsforschung (ZEW) Expectations adalah sebuah indikator yang menghitung nilai sentimen investor terhadap situasi perekonomian saat ini.
Jika nilai ZEW Economic Expectations negara Swiss naik maka nilai mata uang CHF akan mengalami kenaikan.

Trade Balance adalah suatu indikator yang menghitung ekspor bersih disuatu negara. Nilai Ekspor bersih didapat dari nilai ekspor dikurangi dengan nilai impor.
Jika nilai Trade Balance Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.
Jika nilai Trade Balance AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Unemployment Claims adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah orang yang gagal mendapatkan asuransi pengangguran untuk pertama kali hingga minggu lalu.
Jika nilai Unemployment Claims AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Crude Oil Inventories adalah sebuah indikator yang dirilis mingguan yang mengukur kenaikan persediaan minyak mentah untuk dijual yang dimiliki perusahaan terkemuka di AS.
Jika nilai Crude Oil Inventories AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Pagi tadi pada pukul 01.00 WIB Presiden ECB Jean-Claude Trichet telah selesai berpidato dalam pertemuan Productivity and Innovation in Financial Services di Luxembourg Central Bank, Luxemburg.

Jam yang sama Presiden FED wilayah Minneapolis, Gary Stern juga telah menyampaikan pidatonya dalam pertemuan Minnesota Women's Economic Roundtable, di Minneapolis.

Sore nanti pada pukul 16.00 WIB akan dirilis ECB Monthly Bulletin.European Central Bank (ECB) Monthly Bulletin adalah sebuah buletin yang menyajikan data statistik terakhir tentang tingkat suku bunga Eropa, situasi ekonomi dan stabilitas keuangan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home