Fundamental-Kamis, 4 Des 2008

Friday, December 5, 2008

Fundamental-Kamis, 4 Des 2008

Saat ini perekonomian Jepang sedang terpuruk karena bisnis dan investasi Jepang saat ini sedang mengalami penurunan tajam dan mengalami masa suram yang berkepanjangan. Capital spending Jepang diluar komponen software turun 13.3% dalam tiga bulan terakhir per 30 September silam. Resesi Jepang pertama kali adalah pada tahun 2001 dimana produksi, tenaga kerja dan pengeluaran dipotong sedemikian rupa yang berakibat pada penurunan nilai ekspor. Canon Inc, pendapatannya menurun pertama kali pada tahun 2000, mengatakan bahwa pada bulan lalu (November 2008) mengalami perlambatan order konstruksi senilai 100 milyar Yen ($1 milyar).

Hiroaki Muto, pakar ekonomi dari Sumitomo Mitsui Asset Management Co. di Tokyo mengeluhkan tidak adanya perbaikan ekonomi yang cukup signifikan dari pemerintah Jepang. Efek resesi mulai menekan perekonomian Jepang saat ini.

Yen Jepang ditradingkan 93.26 per dollar setelah laporan Capital Spending dikeluarkan. Sebelum laporan dirilis, nilai USD/JPY berada pada rate 93.18.



FED memprediksikan perekonomian AS mengalami pelemahan sejak pertengahan Oktober karena krisis kredit. Nilai Retail Sales, sektor Pariwisata, manufaktur, sektor perumahan, real estate terus mengalami pelemahan. Analis Goldman Sachs Group Inc. dan Morgan Stanley memprediksikan nilai penurunan pertumbuhan ekonomi mencapai 5%. Pasar memprediksikan suku bunga FED akan dipotong kembali pada pertemuan 15 - 16 Desember mendatang. Eks Gubernur FED Lyle Gramley berkata bahwa Amerika buka saja mengalami resesi tetapi resesi parah dan mendalam.



Hari ini nilai Pound dan Euro diprediksikan akan melemah jelang pengumuman pemotongan suku bunga pada pukul 19.00 & 19.45 WIB malam nanti.



Preview Berita hari ini, Kamis 4 Desember 2008 :

16.00 WIB

Nilai Halifax HPI m/m diprediksikan akan naik dari -2.2% menjadi -1.0%. Halifax House Price Index adalah sebuah indikator yang menghitung harga rata-rata rumah di Inggris berdasar survey Halifax Bank of Scotland (HBOS). Halifax merupakan sebuah badan resmi pemerintah yang membuat index terutama tentang pinjaman lunak (mortgage) perumahan.



19.00 WIB

Nilai suku bunga Inggris diprediksikan akan turun dari 3.00% menjadi 2.00%.



19.45 WIB

Nilai suku bunga Uni Eropa diprediksikan akan turun dari 3.25% menjadi 2.75%.



20.30 WIB

Nilai Building Permits m/m Kanada diprediksikan akan turun dari 13.4% menjadi -6.0%. Building Permits adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan sektor konstruksi perumahan. Data ini merupakan indikator penting mengenai industri konstruksi semenjak peraturan perizinan mulai diberlakukan secara ketat sebelum memulai proses konstruksi.



20.30 WIB

Nilai Unemployment Claims AS diprediksikan akan naik dari 529K menjadi 540K. Unemployment Claims adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah orang yang gagal mendapat asuransi pengangguran pada hari pertama bulan lalu.



22.00 WIB

Nilai Ivey PMI diprediksikan akan turun dari 52.2 menjadi 50.0. Ivey Purchasing Manager's Index (PMI) adalah sebuah indikator yang mengukur level aktifitas dari para manager pembelian dalam mengelola semua sektor perekonomian yang tersedia di Kanada.



Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.2550 - 1.2730 (sideways)

GBP/USD : 1.4600 - 1.4900 (trend turun)

AUD/USD : 0.6400 - 0.6500 (sideways)

NZD/USD : 0.5290 - 0.5350 (sideways)

USD/CHF : 1.2000 - 1.2160 (trend turun)

USD/CAD : 1.2500 - 1.2670 (trend naik)

USD/JPY : 92.50 - 93.30 (trend turun)

NZD/JPY : 49.00 - 49.80 (sideways)

AUD/JPY : 59.50 - 60.80 (sideways)

EUR/JPY : 116.80 - 119.30 (sideways)

GBP/JPY : 136.00 - 139.50 (trend turun)

EUR/GBP : 0.8520 - 0.8650 (trend naik)

Minyak : $40 - 50 (trend turun)

Emas : $750 - 775 (trend turun)

USD/IDR : 12.300 - 12.850 (trend turun)



Reserve Bank of New Zealand (RBNZ),sebagai bank sentral New Zealand merelease tingkat suku bunga sebanyak delapan kali dalam setahun.
Jika nilai suku bunga (Official Cash Rate) Selandia Baru turun maka nilai mata uang NZD telah mengalami penurunan.

Capital Spending adalah sebuah indikator yang menghitung tingkat pengeluaran dari sektor bisnis swasta.
Jika nilai Capital Spending Jepang lebih rendah dari prediksi pasar maka nilai mata uang Yen telah mengalami penurunan.

Building Approvals adalah sebuah indikator yang menghitung pertumbuhan jumlah rumah baru di suatu negara.
Jika nilai Building Approvals Ausi lebih rendah dari prediksi pasar maka nilai mata uang AUD telah mengalami penurunan.

Trade Balance adalah suatu indikator yang menghitung ekspor bersih disuatu negara. Nilai Ekspor bersih didapat dari nilai ekspor dikurangi dengan nilai impor.
Jika nilai Trade Balance Ausi lebih tinggi dari prediksi pasar maka nilai mata uang AUD telah mengalami kenaikan.

GDP(Gross Domestic Product) adalah sebuah indikator yang mengukur nilai market barang-barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara, tanpa mempertimbangkan kebangsaan perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa tersebut. GDP terdiri dari 4 komponen utama yaitu: tingkat konsumsi, investasi, pembelian-pembelian oleh pemerintah, dan total bersih ekspor.
Jika nilai GDP Swiss turun maka nilai mata uang CHF akan mengalami penurunan.

Halifax House Price Index adalah sebuah indikator yang menghitung harga rata-rata rumah di Inggris berdasar survey Halifax Bank of Scotland (HBOS). Halifax merupakan sebuah badan resmi pemerintah yang membuat index terutama tentang pinjaman lunak (mortgage) perumahan.
Jika nilai Halifax HPI naik maka nilai mata uang GBP akan mengalami kenaikan.

Badan khusus Bank Sentral Inggris, Bank of England (BOE) Monetary Policy Committee merelase tingkat suku bunga lokal setiap bulannya.
Jika nilai suku bunga (Official Bank Rate) Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

European Central Bank (ECB) Governing Council sebagai Bank Sentral Uni Eropa merelease tingkat suku bunga Uni Eropa setiap bulannya.
Jika nilai suku bunga (Minimum Bid Rate) Uni Eropa turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Building Permits adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan sektor konstruksi perumahan. Data ini merupakan indikator penting mengenai industri konstruksi semenjak peraturan perizinan mulai diberlakukan secara ketat sebelum memulai proses konstruksi.
Jika nilai Building Permits Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Unemployment Claims adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah orang yang gagal mendapatkan asuransi pengangguran untuk pertama kali hingga minggu lalu.
Jika nilai Unemployment Claims AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Ivey Purchasing Manager's Index (PMI) adalah sebuah indikator yang mengukur level aktifitas dari para manager pembelian dalam mengelola semua sektor perekonomian yang tersedia di Kanada.
Jika nilai Ivey PMI turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Factory Orders adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat pembelian bahan baku dan bahan jadi oleh perusahaan manufaktur domestik/lokal.
Jika nilai Factory Orders AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Pada pukul 02.00 WIB pagi tadi telah dirilis laporan Beige Book.
Beige Book adalah sebuah laporan yang dikeluarkan oleh FED tentang kebijakan ekonomi dan tingkat suku bunga AS.

Pada pukul 03.00 WIB dini hari tadi telah dilakukan RBNZ Press Conference, RBNZ Rate Statement, dan RBNZ Monetary Policy Statement terkait pengumuman pemotongan suku bunga Selandia Baru.

Jelang pengumuman pemotongan suku bunga Inggris jam 19.00 WIB malam nanti akan berlangsung rapat MPC Rate Statement oleh BoE.

Malam nanti pada pukul 20.30 WIB akan berlangsung pertemuan ECB Press Conference yang membahas suku bunga Uni Eropa.

Malam nanti juga pada pukul 21.15 WIB salah satu Presiden FED Richard Fisher akan menyampaikan pidatonya dalam pertemuan International Association of Energy Economics' North America Conference, di New Orleans.

Lalu pada pukul 23.15 WIB malam nanti Ketua FED Ben Bernanke akan berpidato tentang sektor perumahan dan pembiayaan perumahan dalam pertemuan President's Conference on Homeownership and Mortgage Initiative, di Washington DC.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home