Fundamental-Rabu,26 NOV 2008

Wednesday, November 26, 2008

Fundamental-Rabu,26 NOV 2008

Nilai Core Retail Sales m/m Kanada yang dirilis pada pukul 20.30 WIB kemarin yang sebesar 0.8% membuat nilai mata uang CAD naik karena nilai tersebut lebih tinggi dari prediksi pasar yang sebesar 0.2% dan nilai pada bulan September lalu yang sebesar -0.2%. Hal ini berarti aktifitas perekonomian disektor ritel mulai bergerak ke arah positif di Kanada.

Pada jam yang sama nilai Prelim GDP q/q AS juga turun menjadi -0.5%(sama dengan prediksi pasar) dimana pada periode lalu nilai indikator tersebut mencapai -0.3%. Nilai CB Consumer Confidence AS yang dirilis pada pukul 22.00 WIB nilainya mencapai 44.9 atau lebih tinggi dari nilai prediksi pasar yang sebesar 38.0 dan juga nilai pada periode sebelumnya yang sebesar 38.8.

Secara keseluruhan nilai USD dari kemarin pagi hingga pagi ini mengalami penurunan secara drastis.



FED secara umum menyatakan kepada publik bahwa AS saat ini membutuhkan $800 milyar tambahan untuk mengatasi krisis kredit terhadap sektor kredit perumahan, konsumen dan UKM di Amerika. Bank Sentral akan membeli $ 600 milyar surat obligasi sektor perumahan. Sisanya, $ 200 milyar diperuntukan untuk program intensif untuk konsumen, memberikan pinjaman ke sejumlah UKM di AS berdasarkan pernyataan FED di Washington.

Dalam paket $ 600 milyar tersebut, FED akan membeli surat obligasi Fannie Mae & Freddie Mac sebesar $100 milyar dan $500 milyar lainnya untuk membeli saham Fannie, Freddie dan Ginnie Mae.



Hari ini nilai Yen diprediksikan akan naik karena munculnya kekhawatiran terhadap resesi global yang akan membuat investor membeli asset berharga di Jepang. Yen juga diprediksikan akan menguat terhadap AUD dan Pound terkait dengan kucuran dana $800 milyar oleh FED. Nikkei 225 Stock Average turun 1.3% sementara MSCI Asia Pacific Index juga turun 0.3%.



Lembaga survey OECD(Organization for Economic Cooperation and Development), perekonomian Ausi akan terhindar dari resesi tahun depan karena perampingan suku bunga, efisiensi pengeluaran pemerintah dan ekspor. GDP Ausi akan naik 1.7% tahun 2009(lebih rendah dari tahun ini sebesar 2.5%), dan akan mengalami kemajuan pesat 2.7% pada 2010. Sementara itu nilai inflasi bank sentral adalah sebesar 2-3% hingga tahun 2010 mendatang. Saat ini Gubernur Reserve Bank of Australia Glenn Stevens telah memotong 200 basis poin suku bunga dari bulan September 2008 menjadi 5.25% saat ini. Pemerintah Ausi hingga saat ini telah mengeluarkan dana A$10.4 milyar(setara dengan $6.7 milyar) untuk menjamin setiap keluarga,perumahan, dan para pensiunan.

Sebaliknya perekonomian New Zealand masih terkena dampak resesi. Nilai GDP New Zealand akan mencapai 7.6% hingga Desember 2009 nanti. Seperti halnya Ausi, bank sentral NZ telah memotong suku bunga lokal dari bulan Januari lalu.



Preview Berita hari ini :

16.30 WIB

Nilai Revised GDP q/q Inggris diprediksikan akan tetap sebesar -0.5%. GDP(Gross Domestic Product) adalah sebuah indikator yang mengukur nilai market barang-barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara, tanpa mempertimbangkan kebangsaan perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa tersebut. GDP terdiri dari 4 komponen utama yaitu: tingkat konsumsi, investasi, pembelian-pembelian oleh pemerintah, dan total bersih ekspor.





20.30 WIB

Ada dua buah berita untuk AS pada waktu yang sama yaitu 20.30 WIB : Core Durable Goods Orders m/m & Unemployment Claims yang diprediksikan nilainya turun. Kami hanya merekomendasikan Core Durable Goods Orders m/m untuk Anda.

Nilai Core Durable Goods Orders m/m AS diprediksikan akan turun dari -1.0% menjadi -1.4%. Core Durable Goods Orders adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari Core Durable Goods Orders. Nilainya didapat dari total Durable Goods Orders dikurangi dengan komponen bahan baku untuk sektor Transportasi.





22.00 WIB

Nilai New Home Sales AS diprediksikan akan turun dari 464K menjadi 445K. New Home Sales adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah rumah baru yang juga telah dijual pada bulan lalu.





Belajarforex.com memprediksikan nilai USD akan terus melemah hingga awal Desember mendatang karena efek $ 800 milyar oleh FED dan juga sejumlah laporan negatif AS hari ini dan juga hari libur market AS besok karena mempertingati hari kasih sayang.



Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.2700 - 1.3255 (trend naik)

GBP/USD : 1.5100 - 1.5555 (trend naik)

AUD/USD : 0.6250 - 0.6550 (sideways)

NZD/USD : 0.5350 - 0.5600 (trend naik)

USD/CHF : 1.1850 - 1.2050 (trend naik)

USD/CAD : 1.2150 - 1.2500 (sideways)

USD/JPY : 93.00 - 97.00 (trend turun)

NZD/JPY : 51.00 - 53.50 (sideways)

AUD/JPY : 59.00 - 63.50 (trend turun)

EUR/JPY : 120.00 - 125.50 (trend turun)

GBP/JPY : 143.30 - 148.50 (sideways)

EUR/GBP : 0.8350 - 0.8530 (trend turun)

Emas : $800 - 830 (sideways)

Minyak : $47 - 55 (sideways)

Rupiah : 12500 - 13500 (sideways)



Construction Work Done adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah bangunan yang baru dibangun pada suatu periode. Indikator ini merupakan hasil survey dari Building Activity Survey di negara Australia.
Jika nilai Construction Work Done Ausi lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang AUD telah mengalami kenaikan.

Consumer Price Index (CPI) adalah indikator yang mengukur tingkat kenaikan barang dan jasa yang dikenakan kepada konsumen. Kenaikan harga barang dan jasa pada akhirnya akan meningkatkan inflasi yang pada akhirnya biasanya harus diimbangi dengan menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga dapat memperkuat mata uang negara yang bersangkutan.
Jika nilai German Prelim CPI turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

GDP(Gross Domestic Product) adalah sebuah indikator yang mengukur nilai market barang-barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara, tanpa mempertimbangkan kebangsaan perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa tersebut. GDP terdiri dari 4 komponen utama yaitu: tingkat konsumsi, investasi, pembelian-pembelian oleh pemerintah, dan total bersih ekspor.
Jika nilai Revised GDP Inggris tetap maka nilai mata uang GBP akan tetap nilainya.

Core Durable Goods Orders adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari Core Durable Goods Orders. Nilainya didapat dari total Durable Goods Orders dikurangi dengan komponen bahan baku untuk sektor Transportasi.
Jika nilai Core Durable Goods Orders AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Unemployment Claims adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah orang yang gagal mendapatkan asuransi pengangguran untuk pertama kali hingga minggu lalu.
Jika nilai Unemployment Claims AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Core Personal Consumption Expenditures (PCE) Price Index adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat inflasi dari sisi konsumen saat membeli barang dan jasa dikurangi dengan sektor makanan dan energi.
Jika nilai Core PCE Price Index AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Durable Goods Orders adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah permintaan bahan baku oleh perusahaan manufaktur domestik. Bahan baku yang dipesan adalah bahan baku yang mempunyai umur ekonomis yang lebih dari 3 tahun seperti komponen mobil, komputer, alat-alat berat, dan pesawat terbang.
Jika nilai Durable Goods Orders AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Personal Spending adalah sebuah indikator yang mengukur jumlah konsumsi masyarakat untuk membeli barang dan jasa.
Jika nilai Personal Spending AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Chicago Purchasing Manager's Index (PMI) adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat pertumbuhan bisnis di wilayah Chicago. Indikator ini didapat berdasarkan survey terhadap sejumlah manajer pembelian yang berpendapat tentang naik atau turunnya setiap aktifitas perusahaannya.
Jika nilai Chicago PMI turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Consumer Sentiment adalah sebuah indikator yang mengukur sikap konsumen terhadap situasi saat ini dan dimasa mendatang.
Jika nilai Revised UoM Consumer Sentiment AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

New Home Sales adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah rumah baru yang juga telah dijual pada bulan lalu.
Jika nilai New Home Sales AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Crude Oil Inventories adalah sebuah indikator yang dirilis mingguan yang mengukur kenaikan persediaan minyak mentah untuk dijual yang dimiliki perusahaan terkemuka di AS.
Jika nilai Crude Oil Inventories AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Sore nanti pada pukul 15.00 WIB Gubernur Bank of Japan Masaaki Shirakawa akan menyampaikan pidatonya dalam pertemuan Research Wing di University of Tokyo, Tokyo.

Lalu pada pukul 15.30 WIB sore, Presiden European Central Bank Jean-Claude Trichet akan menyampaikan pidatonya bersama Gubernur bank sentral Mesir Farouk el-Okdah, di Kairo.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home