Fundamental-Rabu, 7 Jan 2009

Wednesday, January 7, 2009

Fundamental-Rabu, 7 Jan 2009

Dollar kembali menguat terhadap Yen, sebuah kenaikan tinggi dalam dua tahun terakhir.
Presiden AS Barack Obama telah menyampaikan kepada publik bahwa ia membutuhkan $775 milyar sebagai paket bantuan ekonomi untuk mengatasi resesi. Isu yang berkembang saat ini adalah ECB diprediksikan akan memotong tingkat suku bunga pada 15 Januari mendatang.
Penyelamatan juga telah dilakukan Depkeu AS dimana mereka telah memberikan bantuan sebesar $13.4 milyar kepada GM dan $6 milyar kepada perusahaan keuangan GMAC LLC.
Laporan tenaga kerja AS juga menjadi perhatian para trader saat ini dimana akan dirilis laporan ADP Non Farm pada pukul 20.30 WIB.
Para investor juga sulit memprediksi pergerakan Pound saat ini setelah Menkeu Inggris Alistair Darling mengatakan bahwa perekonomian Inggris saat ini sedang berada pada masa sulit. Bahkan pada hari Kamis nanti BoE sebagai bank sentral Inggris akan memotong suku bunga 50 basis poin.

Preview Berita Ekonomi hari ini :
20.15 WIB
Nilai ADP Non-Farm Employment Change untuk AS diprediksikan akan naik dari -472K menjadi -450K. ADP Nonfarm Employment Change adalah sebuah indeks yang menggambarkan jumlah lapangan kerja baru yang tercipta pada bulan yang lalu, tanpa memasukan sektor pertanian didalamnya. ADP, sebagai lembaga swadaya yang memberikan solusi terhadap tenaga kerja di AS, mengumumkan indikator ini dua hari sebelum indikator Nonfarm Employment Change dikeluarkan. ADP mengklaim indikator ini adalah indikator terbaik mengenai tenaga kerja dalam Statistik Pemerintahan, tapi para Trader tidak sepenuhnya percaya akan keakuratan dan korelasi indikator ini terhadap nilai mata uang lokal.

Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.3300 - 1.3600 (sideways)

GBP/USD : 1.4600 - 1.5050 (trend naik)

AUD/USD : 0.7100 - 0.7350 (trend naik)

NZD/USD : 0.5850 - 0.6000 (trend naik)

USD/CAD : 1.1800 - 1.1950 (sideways)

USD/CHF : 1.1100 - 1.1250 (sideways)

USD/JPY : 92.50 - 95.00 (trend naik)

NZD/JPY : 55.00 - 56.50 (trend naik)

AUD/JPY : 66.50 - 69.50 (trend naik)

EUR/JPY : 125.00 - 127.50 (trend naik)

GBP/JPY : 138.00 - 141.50 (trend naik)

EUR/GBP : 0.8950 - 0.9150 (trend turun)

Minyak : $42.00 - 50.00 (trend turun)

Emas : $840 - 880.00 (trend turun)

USD/IDR : 10.800 - 11.750 (trend naik)


Trade Balance adalah suatu indikator yang menghitung ekspor bersih disuatu negara. Nilai Ekspor bersih didapat dari nilai ekspor dikurangi dengan nilai impor.
Jika nilai Trade Balance Selandia Baru lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang NZD telah mengalami kenaikan.

Housing Industry Association New Home Sales adalah data laporan jumlah rumah baru yang selesai dibangun pada bulan lalu di Ausi.
Jika nilai HIA New Home Sales Ausi turun maka nilai mata uang AUD telah mengalami penurunan.

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales Trend Ausi sama dengan prediksi pasar maka nilai mata uang Ausi tetap nilainya.

Unemployment Change adalah sebuah indikator yang mengukur nilai pengangguran selama bulan lalu.
Jika nilai German Unemployment Change naik maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

ADP Nonfarm Employment Change adalah sebuah indeks yang menggambarkan jumlah lapangan kerja baru yang tercipta pada bulan yang lalu, tanpa memasukan sektor pertanian didalamnya. ADP, sebagai lembaga swadaya yang memberikan solusi terhadap tenaga kerja di AS, mengumumkan indikator ini dua hari sebelum indikator Nonfarm Employment Change dikeluarkan. ADP mengklaim indikator ini adalah indikator terbaik mengenai tenaga kerja dalam Statistik Pemerintahan, tapi para Trader tidak sepenuhnya percaya akan keakuratan dan korelasi indikator ini terhadap nilai mata uang lokal.
Jika nilai ADP Non-Farm Employment Change AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Crude Oil Inventories adalah sebuah indikator yang dirilis mingguan yang mengukur kenaikan persediaan minyak mentah untuk dijual yang dimiliki perusahaan terkemuka di AS.
Jika nilai Crude Oil Inventories AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Pada pukul 02.00 WIB pagi tadi telah berlangsung pertemuan FOMC Meeting Minutes.Federal Open Market Committee (FOMC) Meeting Minutes adalah pertemuan rutin para pejabat FED yang biasanya membahas tentang tingkat suku bunga AS dan berbagai kebijakan ekonomi lainnya di Amerika Serikat.

Siang nanti pada pukul 14.00 WIB, Presiden European Central Bank Jean-Claude Trichet akan menyampaikan pidatonya dalam pertemuan "Goodbye Koruna, Welcome Euro" menyambut masuknya Slovakia sebagai anggota Uni Eropa. Pertemuan tersebut berlangsung di Bratislava.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home