Fundamental-Kamis, 22 Jan 2009

Sunday, February 1, 2009

Fundamental-Kamis, 22 Jan 2009

Nilai Trade Balance Jepang untuk bulan Desember 2008 yang baru saja dirilis pada pukul mencapai [Open Detail]

-0.15 trilyun dollar. Ini membuktikan bahwa perekonomian Jepang masih mengalami pasang surut atau stagflasi. Nilai Yen yang sempat menguat 87.12 Yen

kemarin kembali melemah ke rate 89 Yen saat berita ini dirilis. Secara teknikal dengan grafik USD/JPY 1 jam, masih cenderung turun.



Sementara itu nilai mata uang AUD & NZD mengalami kenaikan setelah para investor berniat membeli saham-saham utama di negara itu. Nilai mata uang menguat terhadap USD setelah

index Dow Jones Industrial Average naik melebihi saham keuangannya. Hubungan antara Dow Jones dan AUD cukup berkaitan, sehingga pergerakan positif dari Dow Jones akan meningkatkan mata uang AUD juga.

Harga saham di Amerika mengalami kenaikan terhadap Dow Jones sebesar 3.5%, saat Presiden Barack Obama menganggarkan paket stimulus $825 milyar.



Yah, Belajarforex.com memprediksikan Yen Jepang masih berpeluang naik terhadap USD, Euro karena ada laporan Industrial Production Perancis yang diprediksikan akan turun, dan GBP karena rumor BoE akan memangkas suku bunga kembali pada bulan depan.

Nilai GBP sudah terkoreksi 3.5% terhadap USD dan 3% terhadap Euro kemarin.

Diler valas dan obligasi Okasan Securities Co., Tsutomu Somadi di Tokyo memprediksikan nilai Euro akan melemah ke rate $1.2913 dan 114 Yen hari ini terkait dengan pelemahan ekonomi zona Eropa.



Preview Berita Hari ini :



20.30 WIB

Nilai Core Retail Sales m/m Kanada diprediksikan akan turun dari -1.1% menjadi -1.5%. Core Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan Retail Sales yang nilainya tetap. Nilainya didapat dari nilai Retail Sales dikurangi dengan total penjualan mobil di negara tersebut. Sektor penjualan mobil dinilai tidak tetap nilainya.



Nilai Building Permits & Unemployment Claims AS akan dirilis pada waktu yang sama yaitu pada pukul 20.30 WIB. Unemployment Claims AS diprediksikan akan naik dari 524 menjadi 545K. Laporan ini berpotensi akan melemahkan USD.

Nilai Building Permits AS juga diprediksikan akan turun dari 0.62M menjadi 0.61M. Building Permits adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan sektor konstruksi perumahan. Data ini merupakan indikator penting mengenai industri konstruksi semenjak peraturan perizinan mulai diberlakukan secara ketat sebelum memulai proses konstruksi.



Prediksi pergerakan harga hari ini :


EUR/USD : 1.2850 - 1.3250 (trend naik)

GBP/USD : 1.3750 - 1.4150 (trend naik)

AUD/USD : 0.6480 - 0.6750 (trend naik)

NZD/USD : 0.5250 - 0.5400 (trend naik)

USD/CAD : 1.2400 - 1.2700 (trend turun)

USD/CHF : 1.1400 - 1.1700 (trend turun)

USD/JPY : 88.00 - 90.00 (sideways)

NZD/JPY : 46.50 - 48.00 (trend naik)

AUD/JPY : 57.50 - 60.00 (trend naik)

EUR/JPY : 115.00 - 118.50 (trend naik)

GBP/JPY : 122.00 - 127.00 (trend naik)

EUR/GBP : 0.9300 - 0.9400 (sideways)

USD/IDR : 11.200 - 11.700 (sideways)

Minyak : 40.00 - 47.00 (trend naik)

Emas : 820.00 - 870.00 (trend naik)


Trade Balance adalah suatu indikator yang menghitung ekspor bersih disuatu negara. Nilai Ekspor bersih didapat dari nilai ekspor dikurangi dengan nilai impor.
Jika nilai Trade Balance Jepang lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang Yen telah mengalami kenaikan.

Bank of Japan (BOJ) Monetary Policy Committee merelease tingkat suku bunga Jepang setiap bulan. Tingkat suku bunga yang direlase adalah untuk jangka pendek atau setidaknya hanya berlaku satu bulan.
Jika nilai suku bunga Jepang tetap maka nilai mata uang Yen akan tetap nilainya.

Consumer Spending adalah sebuah indikator ekonomi yang menghitung nilai pengeluaran konsumen saat membeli barang dan jasa.
Jika nilai French Consumer Spending turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Zentrum für Europäische Wirtschaftsforschung (ZEW) Expectations adalah sebuah indikator yang menghitung nilai sentimen investor terhadap situasi perekonomian saat ini.
Jika nilai ZEW Economic Expectations Swiss turun maka nilai mata uang CHF akan mengalami penurunan.

Industrial New Orders adalah suatu indikator yang menghitung pertumbuhan jumlah pembelian bahan jadi dan bahan baku oleh perusahaan manufaktur.
Jika nilai Industrial New Orders Eropa turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Confederation of British Industry Industrial Order Expectations adalah sebuah indikator yang menghitung level pertumbuhan manufaktur.
Jika nilai CBI Industrial Order Expectations turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Core Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan Retail Sales yang nilainya tetap. Nilainya didapat dari nilai Retail Sales dikurangi dengan total penjualan mobil di negara tersebut. Sektor penjualan mobil dinilai tidak tetap nilainya.
Jika nilai Core Retail Sales Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Building Permits adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan sektor konstruksi perumahan. Data ini merupakan indikator penting mengenai industri konstruksi semenjak peraturan perizinan mulai diberlakukan secara ketat sebelum memulai proses konstruksi.
Jika nilai Building Permits AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Unemployment Claims adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah orang yang gagal mendapatkan asuransi pengangguran untuk pertama kali hingga minggu lalu.
Jika nilai Unemployment Claims AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Housing Starts adalah Indikator ekonomi yang menghitung jumlah rumah baru yang dibangun dalam per bulannya. Sebagian besar data surveinya didapat dari aplikasi dan ijin yang diajukan untuk membangun rumah. Indikator yang satu ini biasanya bukan merupakan salah satu penggerak utama market. Namun, karena dapat mendeteksi tren perekonomian, data Housing Starts dianggap sebagai salah satu indikator penting. Penurunan pada Housing Starts menunjukkan melambatnya perekonomian.
Jika nilai Housing Starts AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Crude Oil Inventories adalah sebuah indikator yang dirilis mingguan yang mengukur kenaikan persediaan minyak mentah untuk dijual yang dimiliki perusahaan terkemuka di AS.
Jika nilai Crude Oil Inventories AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Pada pukul 00.30 WIB pagi tadi Wakil Ketua Swiss National Bank Philip Hildebrand telah berpidato dalam pertemuan Executive MBA HSG, di St. Gallen.

Malam nanti pada pukul 22.30 WIB, akan dirilis BOC Monetary Policy Report.Bank of Canada (BOC) Monetary Policy Report adalah sebuah laporan yang direlease oleh Bank of Canada (BOC) selaku bank sentral Kanada yang berisi tentang gambaran perekonomian di Kanada. Laporan ini direlease dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April and Oktober.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home