Fundamental-Rabu, 21 Jan 2009

Sunday, February 1, 2009

Fundamental-Rabu, 21 Jan 2009

Nilai Yen saat ini terkoreksi melemah karena adanya spekulasi naiknya nilai saham Amerika. Nilai Yen menguat selama dua hari berturut turut meski pelantikan Obama telah berlangsung. Secara teknikal, Yen juga diprediksikan akan terkoreksi turun hari ini.



Pada pukul 03.20 WIB pagi tadi Gubernur Bank of England Mervyn King telah menyampaikan pidatonya. Inti dari pidatonya adalah bahwa pemerintah Inggris akan mulai membeli asset perusahaan yang sudah merugi dan memotong suku bunga hingga mendekati titik nol. Suku bunga terendah Inggris pernah terjadi pada tahun 1694.

Realisasi teknisnya adalah pemerintah akan membeli kembali saham, obligasi, commercial paper dari bank dan perusahaan swasta dan pemerintah yang mengalami kerugian akibat krisis. King juga mengatakan bahwa suku bunga saat ini yang sebesar 1.5% belum mendukung sehatnya investasi & perekonomian Inggris.

Rencana King memang telah didukung oleh Perdana Menteri Inggris Gordon Brown yang mengatakan bahwa pemerintah Inggris telah menyiapkan dana 100 milyar pound atau senilai dengan $140 milyar untuk melakukan bailout terhadap sejumlah bank di Inggris.

Dalam 3 hari terakhir, mata uang GBP telah turun 800 poin dimana pada hari Senin(19/1) nilai GBPUSD sempat bertengger di 1.4700 kini telah melorot ke rate 1.3900. Diprediksikan dengan adanya laporan pengangguran sore nanti nilai GBPUSD akan terkoreksi turun kembali ke area 1.3800 - 1.3900.



Preview Berita Hari ini :



16.30 WIB

Nilai Claimant Count Change Inggris diprediksikan akan naik dari 75.7K menjadi 82.0K. Claimant Count Change adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat pengangguran yang ingin mendapatkan tunjangan dari pemerintah pada bulan lalu.



Prediksi pergerakan harga hari ini :


EUR/USD : 1.2800 - 1.3050 (sideways)

GBP/USD : 1.3600 - 1.4050 (trend turun)

AUD/USD : 0.6400 - 0.6600 (trend turun)

NZD/USD : 0.5150 - 0.5350 (trend turun)

USD/CAD : 1.2500 - 1.2750 (sideways)

USD/CHF : 1.1300 - 1.1550 (sideways)

USD/JPY : 88.50 - 90.50 (trend turun)

NZD/JPY : 46.00 - 48.00 (trend turun)

AUD/JPY : 57.00 - 60.00 (trend turun)

EUR/JPY : 115.00 - 117.50 (trend turun)

GBP/JPY : 123.00 - 127.00 (trend turun)

EUR/GBP : 0.9200 - 0.9400 (trend naik)

USD/IDR : 11.200 - 11.750 (sideways)

Emas : $830 - 870.00 (trend naik)

Minyak : $35 - 45.00 (trend naik)


Core Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan Retail Sales yang nilainya tetap. Nilainya didapat dari nilai Retail Sales dikurangi dengan total penjualan mobil di negara tersebut. Sektor penjualan mobil dinilai tidak tetap nilainya.
Jika nilai Core Retail Sales Selandia Baru lebih tinggi dari prediksi pasar maka nilai mata uang NZD telah mengalami kenaikan.

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales Selandia Baru lebih tinggi dari prediksi pasar maka nilai mata uang NZD telah mengalami kenaikan.

Westpac Melbourne Institute (WMI) Consumer Sentiment adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat mood konsumen di Melbourne terhadap kondisi perekonomian saat ini.
Jika nilai Westpac Consumer Sentiment turun maka nilai mata uang AUD telah mengalami penurunan.

PPI(Product Price Index) adalah suatu indikator ekonomi yang menghitung tingkat inflasi dari barang-barang yang dibeli oleh produsen atau perusahaan manufaktur(pengolah barang). Jika tingkat inflasi barang dan jasa yang dibeli oleh produsen naik, maka nantinya produsen juga akan menaikan harga barang dan jasa untuk menutup kenaikan harga bahan baku yang telah dibeli. Jika harga barang dan jasa naik maka itulah sebagai awal mula pemicu inflasi dan pemerintah bersama bank sentral akan mencoba menaikan tingkat suku bunga.
Jika nilai German PPI naik maka nilai mata uang Euro akan mengalami kenaikan.

Claimant Count Change adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat pengangguran yang ingin mendapatkan tunjangan dari pemerintah pada bulan lalu.
Jika nilai Claimant Count Change Inggris naik maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Bank of England (BOE) Monetary Policy Committee (MPC) Meeting Minutes adalah sebuah pertemuan yang membicarakan tingkat suku bunga yang berlaku di negara Inggris untuk beberapa waktu terakhir ini.
Jika nilai MPC Meeting Minutes Inggris tetap maka nilai mata uang GBP akan tetap nilainya.

Average Earnings Index (AEI) adalah sebuah indikator yang mengukur rata-rata upah, termasuk bonus yang dibayarkan kepada pekerja.
Jika nilai Average Earnings Index Inggris tetap maka nilai mata uang GBP akan tetap nilainya.

Public Sector Net Borrowing adalah sebuah indikator yang mengukur selisih dari pendapatan dan pengeluaran pemerintah dan juga perusahaan publik. Tingginya tingkat cadangan negara akan membuat trend investasi menjadi naik dan juga akan bermunculan ekspansi ekonomi dikalangan pemerintah.
Jika nilai Public Sector Net Borrowing Inggris turun maka uang GBP akan mengalami penurunan.

Wholesale Sales adalah sebuah indikator yang mengukur nilai pertumbuhan penjualan disektor penjualan besar.
Jika nilai Wholesale Sales Kanada naik maka nilai mata uang CAD akan mengalami kenaikan.

Pada pukul 03.20 WIB pagi tadi, Gubernur Bank of England Mervyn King telah menyampaikan pidatonya dalam pertemuan makan malam Confederation of British Industry, di Nottingham.

Berturut-turut pada pukul 15.00 & 16.30 WIB sore nanti Presiden European Central Bank, Trichet akan berpidato dalam pertemuan European Parliament’s Economic and Monetary Affairs Committee, di Brussels.

Pada pukul 16.45 WIB Direktur Eksekutif Paul Tucker akan menyampaikan pidatonya dalam pertemuan Financial Stability before the Treasury Committee, di London.

Malam nanti pada pukul 22.00 WIB, anggota FOMC merangkap Presiden FED wilayah New York Timothy Geithner akan menyampaikan pidatonya dalam pertemuan Select Finance Committee, di Washington DC.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home