Fundamental-Rabu, 24 Sept 2008

Wednesday, September 24, 2008

Fundamental-Rabu, 24 Sept 2008

Saat ini harga komoditas dunia kembali turun setelah pasar meragukan rencana bailout pemerintah Amerika yang sebesar $ 700 milyar untuk membeli asset-aset yang bermasalah. Minyak yang sempat menyentuh $108 per barel kemarin saat ini mencapai $107.04 dan emas yang kemarin mencapai $900 per ons turun menjadi $888.80. Bursa Eropa juga cenderung melemah terhadap isu pembatalan bailout ini. Dengan demikian nilai mata uang utama seperti Euro,GBP dan AUD jelas mengalami pelemahan pada hari ini.

Sebelumnya, pelemahan dollar kemarin terhadap Euro lebih disebabkan pasar menunggu konggres Amerika untuk merealisasi proposal pinjaman $ 700 milyar yang diajukan oleh FED.

Efek penyelamatan dengan dana $700 milyar tersebut akan menyebabkan asset pemerintah menjadi terdevaluasi dibawah harga pasar. FED percaya bahwa proposal bernilai besar tersebut akan berdampak untuk mengatasi krisis keuangan.

Dalam pidatonya kemarin(Selasa jam 20.30 WIB) Bernanke mengatakan bahwa perekonomian Amerika saat ini akan mengalami pelemahan jika pasar tidak memulai fungsinya secara normal, dan menganggap skeptis rencana Menkeu AS Henry Paulson yang akan mengeluarkan dana $ 700 milyar untuk menyelamatkan institusi keuangan Amerika.

Efeknya adalah jika bailout tidak terealisasi maka Amerika kemungkinan akan terancam mengalami krisis keuangan kembali karena kerugian dari perusahaan-perusahaan yang terkena dampak krisis kredit global. Jika terealisasi maka $ 700 milyar akan menambah saldo hutang Amerika. Nilai tersebut akan membuat nilai Current Account AS menjadi semakin negatif. Kedua kemungkinan tersebut akan membuat sentimen negatif investor terhadap USD makin kuat.

Sementara itu, sebuah induk bank umum terbaru di AS, Goldman Sachs Group Inc. telah mendapatkan dana segar sebesar $7.5 milyar dari Warren Buffett's Berkshire Hathaway Inc. perihal pembelian sahamnya. Berkshire mengeluarkan dana $5 milyar berupa saham perpetual preferensi, dalam laporan Goldman yang berbasis di New York. Untuk saham biasa Berkshire membelinya dengan dana $2.5 milyar.
Review berita hari ini, Rabu 24 September 2008 :

21.00 WIB
Nilai Existing Home Sales AS diprediksi akan turun dari 5.00M menjadi 4.93M. Existing Home Sales adalah sebuah indikator ekonomi yang menghitung jumlah rumah yang terjual pada bulan lalu.

Prediksi pergerakan harga hari ini :
EUR/USD : 1.4500 - 1.4850 (trend turun)
GBP/USD : 1.8330 - 1.8670 (sideways)
AUD/USD : 0.8200 - 0.8540 (trend turun)
USD/CHF : 1.0700 - 1.0985 (trend naik)
USD/JPY : 104.70 - 106.50 (sideways)
EUR/JPY : 153.20 - 157.00 (trend turun)
GBP/JPY : 194.00 - 197.00 (sideways)

Sumber :
http://www.bloomberg.com/

BSI Manufacturing Index adalah sebuah indikator yang mengukur nilai penyebaran index berdasar survei yang dilakukan terhadap perusahaan manufaktur.
Jika nilai BSI Manufacturing Index Jepang lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang Yen telah mengalami kenaikan.

Westpac Banking Corporation adalah sebuah indikator yamg mengukur tingkat penyebaran index berdasar survey yang dilakukan terhadap konsumen.
Jika nilai Westpac Consumer Sentiment Selandia Baru naik maka nilai mata uang NZD akan mengalami kenaikan.

German Ifo Business Climate Index adalah indikator ukuran yang menggambarkan keinginan perusahaan industri, konstruksi, borongan dan eceran dalam berinvestasi di Jerman. Komunitas yang terlibat telah mencapai 7000 perusahaan yang memprediksi iklim investasi selama enam bulan kedepan. Indeks ini hampir sama dengan ZEW. Indeks IFO berkisar antara -100 sampai dengan 100.
Jika nilai German Ifo Business Climate turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Current Account adalah selisih antara total ekspor dan impor barang, jasa, dan transfer. Merupakan bagian dari neraca perdagangan. Dalam perhitungannya, Current Account tidak mencakup transaksi-transaksi asset finansial dan kewajiban (hutang). Data ini merupakan indikator tren perdagangan luar negeri.
Jika nilai Current Account Eropa naik maka nilai mata uang Euro akan mengalami kenaikan.

Confederation of British Industry Realized Sales adalah sebuah indikator yang menghitung nilai penyebaran index dari sektor ritel dan pedagang besar.
Jika nilai CBI Realized Sales naik maka nilai mata uang GBP akan mengalami kenaikan.

Existing Home Sales adalah sebuah indikator ekonomi yang menghitung jumlah rumah yang terjual pada bulan lalu.
Jika nilai Existing Home Sales AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Crude Oil Inventories adalah sebuah indikator yang dirilis mingguan yang mengukur kenaikan persediaan minyak mentah untuk dijual yang dimiliki perusahaan terkemuka di AS.
Jika nilai Crude Oil Inventories AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Malam nanti pada pukul 21.00 WIB Ketua FED Ben Bernanke akan menyampaikan pidatonya dalam pertemuan Congressional Joint Economic Committee, di Washington DC.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home