Fundamental-Selasa, 14 Okt 2008

Monday, October 20, 2008

Fundamental-Selasa, 14 Okt 2008

Pemerintahan Bush melalui Departemen Keuangan dikabarkan akan mengumumkan sebuah rencanan untuk menyelematkan melambatnya pasar kredit dengan menyuntikan dana sekitar $125 milyar untuk sembilan bank terbesar di Amerika yaitu Wells Fargo & Co., JPMorgan Chase & Co., Bank of America Corp., Merrill Lynch & Co., Morgan Stanley, State Street Corp., Bank of New York Mellon Corp., Citigroup Inc. dan Goldman Sachs Group Inc.. Tujuan kucuran dana itu adalah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan di Amerika. Melalui rencana ini pasar keuangan Amerika diharapkan akan berjalan dengan normal kembali. Hal ini merupakan salah satu langkah yang ditempuh Menkeu Henry Paulson, setelah resmi mendapat persetujuan pinjaman $ 700 milyar untuk bailout industri keuangan di AS.

Perinciannya adalah dana $25 milyar untuk masing-masing Citigroup dan JPMorgan, $25 milyar untuk Bank of America dan Merrill Lynch, $20 milyar untuk Wells Fargo, masing-masing $10 milyar untuk Goldman dan Morgan Stanley, masing-masing $3 milyar untuk State Street dan Bank of New York.



Hal ini kemungkinan akan menguatkan Efek kenaikan yang telah kita lihat kemarin dimana Standard & Poor's 500 Index naik 11,6%, kenaikan tertinggi selama 70 tahun terakhir, diikuti index Nikkei 225 naik 13.4%. Sementara Nilai Yen juga turun terhadap USD, Euro,Pound dan mata uang lain .



Sementara itu BoJ menyuntikan dana kembali untuk sistem keuangannya sebesar 1 trilyun Yen($9.7 milyar) dan Reserve Bank of Australia menambahkan A$4.55 milyar($3.2 milyar). BoJ memang sedang melanjutkan aksi penyelamatan industri keuangannya menyusul krisis global yang juga melanda Jepang saat ini demikian juga Ausi. Kemarin RBA juga mengeluarkan dana A$ 9.708 milyar dan melelang deposito tujuh harinya sebesar A$3 milyar.



Preview Berita Fundamental hari ini, Selasa 14 Oktober 2008 :

15.30 WIB

Nilai CPI y/y Inggris diprediksikan akan naik dari 4.7% menjadi 5.0%. Consumer Price Index (CPI) adalah indikator yang mengukur tingkat kenaikan barang dan jasa yang dikenakan kepada konsumen. Kenaikan harga barang dan jasa pada akhirnya akan meningkatkan inflasi yang pada akhirnya biasanya harus diimbangi dengan menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga dapat memperkuat mata uang negara yang bersangkutan.





16.00 WIB

Nilai German ZEW Economic Sentiment diprediksikan akan turun dari -41.1 menjadi -51.1. ZEW Current Situation dan Economic Sentiment adalah hasil survey dari lembaga riset ZEW Jerman yang memberikan gambaran dan penilaian mengenai kondisi perekonomian saat ini serta gambaran ke depan.





Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.3430 - 1.3855 (trend naik)

GBP/USD : 1.6920 - 1.7830 (trend naik)

AUD/USD : 0.6500 - 0.7400 (trend naik)

NZD/USD : 0.5950 - 0.6430 (trend naik)

USD/CHF : 1.1200 - 1.1440 (trend turun)

USD/JPY : 99.00 - 103.55 (trend turun)

USD/CAD : 1.1200 - 1.1765 (trend turun)

AUD/JPY : 64.70 - 73.30 (trend turun)

EUR/JPY : 133.83 - 141.00 (trend turun)

GBP/JPY : 170.20 - 180.15 (trend turun)



Sumber :

http://www.bloomberg.com/


British Retail Consortium (BRC) Retail Sales Monitor adalah sebuah indikator yang mengukur nilai perubahan penjualan tertinggi pada sejumlah toko yang sama dengan tidak memasukan jumlah toko yang dubuka pada tahun lalu.
Jika nilai BRC Retail Sales Monitor turun maka nilai mata uang GBP telah mengalami penurunan.

Royal Institution of Chartered Surveyors (RICS) House Price Balance adalah sebuah indikator yang menghitung perubahan harga rumah di Inggris.
Jika nilai RICS House Price Balance lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang GBP telah mengalami kenaikan.

Consumer Price Index (CPI) adalah indikator yang mengukur tingkat kenaikan barang dan jasa yang dikenakan kepada konsumen. Kenaikan harga barang dan jasa pada akhirnya akan meningkatkan inflasi yang pada akhirnya biasanya harus diimbangi dengan menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga dapat memperkuat mata uang negara yang bersangkutan.
Jika nilai CPI Inggris naik maka nilai mata uang GBP akan mengalami kenaikan.

Core CPI(Consumer Price Index) adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari CPI. Nilainya didapat dari total CPI dikurangi dengan komponen makanan segar. Nilai makanan segar dinilai membuat trend inflasi CPI menjadi sering berubah-ubah nilainya.
Jika nilai Core CPI Inggris naik maka nilai mata uang GBP akan mengalami kenaikan.

ZEW Current Situation dan Economic Sentiment adalah hasil survey dari lembaga riset ZEW Jerman yang memberikan gambaran dan penilaian mengenai kondisi perekonomian saat ini serta gambaran ke depan.
Jika nilai German ZEW Economic Sentiment turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.
Jika nilai ZEW Economic Sentiment turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Industrial Production adalah data bulanan yang mengukur total produksi dari seluruh pabrik, pertambangan, dan perusahaan pelayanan publik (listrik, air, gas, transportasi, dan lain-lain).
Jika nilai Industrial Production Eropa naik maka nilai mata uang Euro akan mengalami kenaikan.

Malam nanti yaitu pada pukul 23.15 WIB, Presiden European Central Bank Jean-Claude Trichet akan berpidato dalam pertemuan Economic Club of New York di New York.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home