Fundamental-Kamis,16 Okt 2008

Monday, October 20, 2008

Fundamental-Kamis,16 Okt 2008

Hari Rabu kemarin Ketua FED Ben Bernanke mengatakan bahwa perekonomian Amerika memerlukan waktu untuk kembali pulih bahkan meskipun kondisi pasar kredit membaik dalam waktu singkat . Dalam pertemuan Economic Club of New York tersebut kemarin bahwa ia percaya bahwa langkah yang diambil FED, Departemen Keuangan, dan Kongres akan mengobati krisis keuangan di Amerika sat ini. Sejauh ini Depkeu AS telah menganggarkan $250 milyar untuk membeli saham sejumlah bank di Amerika dan berniat membeli commercial paper bank dan surat garansi deposito Federal Deposit Insurance Corp (FDIC).



Ia juga memperingatkan bahwa langkah itu tidak serta merta mengatasi seluruh kisruh ekonomi yang terjadi saat ini.



Nilai Yen kembali mengalami penguatan terhadap sejumlah mata uang dari kemarin dan juga sepanjang hari ini menyusul adanya spekulasi penurunan tajam lanjutan USD dan mata uang lain. Pemicunya juga disebabkan oleh menurunnya harga saham.



Review Berita kemarin, Rabu 15 Oktober 2008 :

Nilai pengangguran Inggris (Claimant Count Change) diberitakan menurun dari 35.7K menjadi 31.8K. Nilai GBP menguat pada jam 15.30 WIB kemarin.



Selain itu nilai Core Retail Sales Amerika juga menurun diikuti nilai Retail Salesnya. Nilai Retail Sales dirilis sebesar -1.2% dan Core Retail Sales kembali turun -0.6%. Nilai tersebut juga lebih rendah dari nilai prediksi pasar. Nilai USD turun pada pukul 19.30 WIB.



Hari ini tidak banyak berita yang dirilis. Hal ini memungkinkan Anda untuk memperhatikan situasi teknikal saat ini dimana Yen masih terlalu perkasa bagi USD, GBP dan Euro dan AUD. Rekomendasi kami adalah Sell untuk EUR/JPY,AUD/JPY dan GBP/JPY hari ini adalah pilihan terbaik bagi Anda.



Preview berita hari ini, Kamis 16 Oktober 2008 :

19.30 WIB

Nilai Core CPI m/m AS diprediksikan akan tetap menjadi sebesar 0.2% malam nanti saat dirilis.Core CPI(Consumer Price Index) adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari CPI. Nilainya didapat dari total CPI dikurangi dengan komponen makanan segar. Nilai makanan segar dinilai membuat trend inflasi CPI menjadi sering berubah-ubah nilainya.





20.00 WIB

Nilai TIC Long-Term Purchases AS diprediksikan akan naik dari 6.1B menjadi 28.0B. TIC Net Long-Term Transactions adalah data yang menghitung jumlah arus modal yang masuk dari para investor asing dalam jangka panjang.





Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.3120 - 1.3630 (trend turun)

GBP/USD : 1.6820 - 1.7550 (trend turun)

AUD/USD : 0.6300 - 0.7000 (trend turun)

NZD/USD : 0.5800 - 0.6275 (sideways)

USD/CHF : 1.1300 - 1.1655 (trend naik)

USD/JPY : 98.30 - 102.55 (trend turun)

USD/CAD : 1.1375 - 1.2155 (trend naik)

NZD/JPY : 58.20 - 64.40 (sideways)

AUD/JPY : 64.25 - 73.55 (trend turun)

EUR/JPY : 130.00 - 140.25 (trend turun)

GBP/JPY : 167.25 - 180.00 (trend turun)



Related Link :



http://money.cnn.com/

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales Swiss turun maka nilai mata uang CHF akan mengalami penurunan.

Zentrum für Europäische Wirtschaftsforschung (ZEW) Expectations adalah sebuah indikator yang menghitung nilai sentimen investor terhadap situasi ekonomi saat ini.
Jika nilai ZEW Economic Expectations naik maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Manufacturing Sales adalah sebuah indikator yang menghitung nilai penjualan dari sektor manufaktur.
Jika nilai Manufacturing Sales Kanada turun mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Core CPI(Consumer Price Index) adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari CPI. Nilainya didapat dari total CPI dikurangi dengan komponen makanan segar. Nilai makanan segar dinilai membuat trend inflasi CPI menjadi sering berubah-ubah nilainya.
Jika nilai Core CPI AS tetap maka nilai mata uang USD akan tetap nilainya.

Consumer Price Index (CPI) adalah indikator yang mengukur tingkat kenaikan barang dan jasa yang dikenakan kepada konsumen. Kenaikan harga barang dan jasa pada akhirnya akan meningkatkan inflasi yang pada akhirnya biasanya harus diimbangi dengan menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga dapat memperkuat mata uang negara yang bersangkutan.
Jika nilai CPI AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Unemployment Claims adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah orang yang gagal mendapatkan asuransi pengangguran untuk pertama kali hingga minggu lalu.
Jika nilai Unemployment Claims AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

TIC Net Long-Term Transactions adalah data yang menghitung jumlah arus modal yang masuk dari para investor asing dalam jangka panjang.
Jika nilai TIC Long-Term Purchases AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Capacity Utilization Rate adalah sebuah indikator suber daya alam yang tersedia dari sektor industri, pertambangan dan pertanian.

Jika nilai Capacity Utilization Rate AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Industrial Production adalah data bulanan yang mengukur total produksi dari seluruh pabrik, pertambangan, dan perusahaan pelayanan publik (listrik, air, gas, transportasi, dan lain-lain)

Jika nilai Industrial Production AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.



Philadelphia Fed Manufacturing Index adalah sebuah indikator yang menghitung index semua sektor bisnis di sektor manufaktur untuk wilayah FED Philadelphia.
Jika nilai Philly Fed Manufacturing Index AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Crude Oil Inventories adalah sebuah indikator yang dirilis mingguan yang mengukur kenaikan persediaan minyak mentah untuk dijual yang dimiliki perusahaan terkemuka di AS.
Jika nilai Crude Oil Inventories AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Pagi tadi pada pukul 01.00 WIB laporan Beige Book telah dirilis.Beige Book adalah sebuah laporan yang dikeluarkan oleh FED tentang kebijakan ekonomi dan tingkat suku bunga AS.

Pukul 06.00 WIB pagi tadi Gubernur FED Donald Kohn telah selesai berpidato tentang perekonomian global pada Georgetown University Wall Street Alliance, di New York.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home