Fundamental-Rabu, 15 Okt 2008

Monday, October 20, 2008

Fundamental-Rabu, 15 Okt 2008

Pergerakan mata uang dari pagi kemarin hingga malam cenderung naik hingga BoJ mengumumkan tetap nilai suku bunganya yang sebesar 0.5% pada pukul 19.38 WIB. Setelah itu mata uang lain selain JPY cenderung melemah.



BoJ memutuskan untuk mempertahankan suku bunga agar terjadi keseimbangan di pasar uang perihal rendahnya tingkat suku bunga. Rendahnya suku bunga akan memicu rendahnya suku bunga kredit dan membuka lebar-lebar pintu masuk para investor di Jepang. Hingga kemarin malam hingga hari ini nilai Yen cenderung menguat. Kami rekomendasi Anda untuk membuka posisi Sell GBP/JPY, EUR/JPY, AUD/JPY dan NZD/JPY hari ini.

Bulan lalu FED & ECB sudah mengucurkan dana $120 milyar untuk program swap(suku bunga antar bank) untuk ECB.

Nilai MSCI Index naik 20% dan Nikkei 225 Stock Average juga naik 14.2% kemarin.



Perdana Menteri Ausi Julia Gillard mengatakan bahwa pihaknya telah menambahkan lagi dananya sebesar A$10.4 milyar ($7.2 milyar) untuk mengatasi krisis keuangan, kredit, inflasi dan perlambatan ekonomi di Ausi.

Sementara itu ECB telah berkomitmen untuk mengeluarkan dana 1.3 trilyun Euro($1.8 trilyun) untuk masalah serupa. Inggris juga telah mengeluarkan dana untuk mengambil alih Bank of Scotland Group Plc dan HBOS Plc dari kebangrutan akibat resesi ekonomi. Sedangkan FED telah mengeluarkan $700 milyar, dan telah dicairkan $250 milyar untuk membeli saham sejumlah bank di Amerika.

Jean-Claude Trichet sebagai ketua ECB juga telah menyerukan untuk disiplin dalam mengeluarkan dana setelah kebijakan itu diberlakukan World War II. Citigroup Global Markets Inc. memprediksikan nilai Euro akan terus melemah terhadap Yen menjadi 120.00 hingga akhir tahun ini. Saat ini nilai EUR/JPY mencapai 137.62.



Preview Berita Hari ini, Rabu 15 Oktober 2008 :

15.30 WIB

Nilai Claimant Count Change Inggris diprediksikan akan naik dari 32.5K menjadi 35.5K. Claimant Count Change adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat pengangguran yang ingin mendapatkan tunjangan dari pemerintah pada bulan lalu.





16.00 WIB

Nilai CPI Eropa diprediksikan akan tetap sebesar 3.6%. Consumer Price Index (CPI) adalah indikator yang mengukur tingkat kenaikan barang dan jasa yang dikenakan kepada konsumen. Kenaikan harga barang dan jasa pada akhirnya akan meningkatkan inflasi yang pada akhirnya biasanya harus diimbangi dengan menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga dapat memperkuat mata uang negara yang bersangkutan.





19.30 WIB

Ada tiga buah berita sekaligus untuk Amerika pada saat yang sama yaitu : Core Retail Sales m/m, Retail Sales m/m, dan PPI m/m. Semuanya memberikan sinyal positif untuk USD yaitu dengan prediksi naik dari pasar.

Mari kita analisa salah satunya yaitu Core Retail Sales m/m. Nilai Core Retail Sales m/m diprediksikan akan naik dari -0.7% menjadi -0.3%. Core Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan Retail Sales yang nilainya tetap. Nilainya didapat dari nilai Retail Sales dikurangi dengan total penjualan mobil di negara tersebut. Sektor penjualan mobil dinilai tidak tetap nilainya.





Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.3400 - 1.3700 (trend turun)

GBP/USD : 1.7200 - 1.7560 (trend turun)

AUD/USD : 0.6600 - 0.7150 (trend turun)

NZD/USD : 0.5950 - 0.6280 (trend turun)

USD/CHF : 1.1250 - 1.1455 (trend naik)

USD/JPY : 98.00 - 103.25 (trend turun)

USD/CAD : 1.1370 - 1.1850 (trend naik)

AUD/JPY : 65.00 - 73.20 (trend turun)

EUR/JPY : 133.80 - 140.50 (trend turun)

GBP/JPY : 167.50 - 180.00 (trend turun)

NZD/JPY : 59.00 - 64.40 (trend turun)



Related Link :

http://www.bloomberg.com/


Federal Budget Balance adalah selisih dari nilai pendapatan pemerintah Federal AS dikurangi dengan pengeluarannya.
Jika nilai Federal Budget Balance AS lebih rendah dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang USD telah mengalami penurunan.

Claimant Count Change adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat pengangguran yang ingin mendapatkan tunjangan dari pemerintah pada bulan lalu.
Jika nilai Claimant Count Change Inggris naik maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Average Earnings Index (AEI) adalah sebuah indikator yang mengukur rata-rata upah, termasuk bonus yang dibayarkan kepada pekerja.
Jika nilai Average Earnings Index Inggris tetap maka nilai mata uang GBP akan tetap nilainya.

Consumer Price Index (CPI) adalah indikator yang mengukur tingkat kenaikan barang dan jasa yang dikenakan kepada konsumen. Kenaikan harga barang dan jasa pada akhirnya akan meningkatkan inflasi yang pada akhirnya biasanya harus diimbangi dengan menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga dapat memperkuat mata uang negara yang bersangkutan.
Jika nilai CPI Eropa tetap maka nilai mata uang Euro akan tetap nilainya.

Core CPI(Consumer Price Index) adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari CPI. Nilainya didapat dari total CPI dikurangi dengan komponen makanan segar. Nilai makanan segar dinilai membuat trend inflasi CPI menjadi sering berubah-ubah nilainya.
Jika nilai Core CPI Eropa tetap maka nilai mata uang Euro akan tetap nilainya.

Core Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan Retail Sales yang nilainya tetap. Nilainya didapat dari nilai Retail Sales dikurangi dengan total penjualan mobil di negara tersebut. Sektor penjualan mobil dinilai tidak tetap nilainya.
Jika nilai Core Retail Sales AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

PPI(Producer Price Index) adalah suatu indikator ekonomi yang menghitung tingkat inflasi dari barang-barang yang dibeli oleh produsen atau perusahaan manufaktur(pengolah barang). Jika tingkat inflasi barang dan jasa yang dibeli oleh produsen naik, maka nantinya produsen juga akan menaikan harga barang dan jasa untuk menutup kenaikan harga bahan baku yang telah dibeli. Jika harga barang dan jasa naik maka itulah sebagai awal mula pemicu inflasi dan pemerintah bersama bank sentral akan mencoba menaikan tingkat suku bunga.
Jika nilai PPI AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Core PPI adalah sebuah indikator yang menghitung dari nilai PPI yang stabil nilainya. Nilainya didapat dari nilai PPI dikurangi dengan komponen makanan dan energi.
Jika nilai Core PPI AS tetap maka nilai mata uang USD akan tetap nilainya.

Empire State Manufacturing Index adalah sebuah indikator yang menghitung level penyebaran sektor manufaktur di daerah New York.
Jika nilai Empire State Manufacturing Index AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Business Inventories adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat produksi barang oleh perusahaan manufaktur, dan penjualan skala besar dan kecil.
Jika nilai Business Inventories AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Malam nanti yaitu pada pukul 23.15 WIB Ketua FED Ben Bernanke akan berpidato tentang perkembangan ekonomi dan pasar uang dalam pertemuan Economic Club of New York, di New York, AS.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home