Fundamental-Kamis, 6 Nov 2008

Thursday, November 6, 2008

Fundamental-Kamis, 6 Nov 2008

Nilai Euro diprediksikan akan jatuh hari ini terhadap dollar karena spekulasi akan adanya pemotongan suku bunga oleh ECB. ECB rencananya akan memotong suku bunga dari 3.75% menjadi 3.25% pada pukul 19.45 WIB malam nanti. Sebelumnya pada pukul 19.00 WIB BoE terlebih dulu akan memotong suku bunga menjadi 4.00% setelah sebelumnya sebesar 4.50%. Langkah ECB & BoE kali ini memang terbilang radikal. GBP/USD diprediksikan akan menyentuh titik 1.5500 dan EUR/USD ke area 1.2500.

Nilai mata uang lain seperti AUD, CAD, NZD dan CHF juga cenderung melemah hari ini sedangkan USD dan JPY masih akan terus menguat.

Resesi Jepang diprediksikan akan singkat dibanding Eropa dan Amerika karena kerugian akibat krisis kredit global tidak sampai menyulitkan Jepang, seperti yang dikatakan ahli ekonomi Kabinet utama kemarin.



Kemarin, saham Amerika turun akibat pernyataan presiden terpilih Amerika yang baru Barack Obama yang menganggarkan kembali $175 milyar untuk program penyelamatan "menengah kebawah" untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Standard & Poor's 500 Index turun 5.3% kemarin saat pemilihan presiden.



Pagi tadi pada pukul 04.45 WIB dan 07.30 WIB beberapa data New Zealand dan Ausi telah dirilis dimana angka tenaga kerja di NZ berkurang 1.1% dan data pengangguran bertambah 0.3%.

Sementara itu data Ausi yang dirilis pada pukul 07.30 WIB, data Employment Change bertambah 37.6K sedangkan angka pengangguran tetap sebesar 4.3%.

Dibanding dengan NZ, di Ausi lebih banyak lapangan kerja yang tercipta. RBNZ dalam tahun ini telah memotong 3.5% suku bunga lokal menjadi 5.5%.



Preview Berita Fundamental hari ini, Kamis 6 November 2008 :

16.00 WIB

Nilai Halifax HPI m/m diprediksikan akan turun dari -1.3% menjadi -1.5%.Halifax House Price Index adalah sebuah indikator yang menghitung harga rata-rata rumah di Inggris berdasar survey Halifax Bank of Scotland (HBOS). Halifax merupakan sebuah badan resmi pemerintah yang membuat index terutama tentang pinjaman lunak (mortgage) perumahan.



19.00 WIB

Nilai suku bunga Inggris(Official Bank Rate) diprediksikan akan turun dari 4.50% menjadi 4.00%.



19.45 WIB

Nilai suku bunga Eropa(Minimum Bid Rate) diprediksikan akan turun dari 3.75% menjadi 3.25%.



20.30 WIB

Nilai Building Permits m/m Kanada diprediksikan akan naik dari -13.5% menjadi -1.3%. Building Permits adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan sektor konstruksi perumahan. Data ini merupakan indikator penting mengenai industri konstruksi semenjak peraturan perizinan mulai diberlakukan secara ketat sebelum memulai proses konstruksi.



22.00 WIB

Nilai Ivey PMI diprediksikan akan turun dari 61.0 menjadi 56.0. Ivey Purchasing Manager's Index (PMI) adalah sebuah indikator yang mengukur level aktifitas dari para manager pembelian dalam mengelola semua sektor perekonomian yang tersedia di Kanada.



Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.2500 - 1.3100 (trend turun)

GBP/USD : 1.5500 - 1.6200 (trend turun)

AUD/USD : 0.6550 - 0.6960 (trend turun)

NZD/USD : 0.5800 - 0.6050 (trend turun)

USD/JPY : 96.30 - 100.00 (trend turun)

USD/CHF : 1.1550 - 1.1800 (trend naik)

USD/CAD : 1.1460 - 1.1950 (trend naik)

NZD/JPY : 55.50 - 60.40 (trend turun)

AUD/JPY : 63.00 - 69.40 (trend turun)

EUR/JPY : 122.20 - 129.30 (trend turun)

GBP/JPY : 150.00 - 160.00 (trend turun)



Sumber :



http://www.bloomberg.com/apps/news?pid=20601087&sid=aDXowaABZ4Oo&refer=home

Employment Change adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah lapangan kerja yang tercipta disuatu negara pada bulan lalu.
Jika nilai Employment Change Selandia Baru lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang NZD telah mengalami kenaikan.
Jika nilai Employment Change Ausilebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang AUD telah mengalami kenaikan.

Unemployment Rate adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah pengangguran yang aktif mencari pekerjaan disuatu negara.
Jika nilai Unemployment Rate Selandia Baru lebih rendah dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang NZD telah mengalami kenaikan.
Jika nilai Unemployment Rate Ausi lebih rendah dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang AUD telah mengalami kenaikan.

Halifax House Price Index adalah sebuah indikator yang menghitung harga rata-rata rumah di Inggris berdasar survey Halifax Bank of Scotland (HBOS). Halifax merupakan sebuah badan resmi pemerintah yang membuat index terutama tentang pinjaman lunak (mortgage) perumahan.
Jika nilai Halifax HPI turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Factory Orders adalah data yang menghitung nilai (dalam dollar) pesanan (order) baru barang-barang tahan lama (durable) dan tak tahan lama (non-durable). Data ini memberikan laporan yang lebih lengkap daripada data Durable Goods Orders yang dirilis satu atau dua minggu lebih awal. Data pesanan barang ini memberikan gambaran mengenai akan seberapa sibukkah sektor industri dalam beberapa bulan ke depan untuk memenuhi pesanan tersebut. Sehingga otomatis angka data yang lebih besar berarti semakin tingginya tingkat permintaan pasar.
Jika nilai Factory Orders Jerman turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Bank of England (BOE) Monetary Policy Committee (MPC) mengumumkan tingkat suku bunga nasional setiap bulannya.
Jika nilai suku bunga Inggris (Official Bank Rate) turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

European Central Bank (ECB) Governing Council sebagai Bank Sentral Uni Eropa merelease tingkat suku bunga Uni Eropa setiap bulannya.
Jika nilai suku bunga Eropa (Minimum Bid Rate) turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Building Permits adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan sektor konstruksi perumahan. Data ini merupakan indikator penting mengenai industri konstruksi semenjak peraturan perizinan mulai diberlakukan secara ketat sebelum memulai proses konstruksi.
Jika nilai Building Permits Kanada naik maka nilai mata uang CAD akan mengalami kenaikan.

Nonfarm Productivity adalah sebuah indikator yang mengukur produksi nasional dari barang dan jasa diluar sektor pertanian.
Jika nilai Prelim Nonfarm Productivity AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Unit Labor Costs adalah sebuah indikator yang mengukur level korelasi antara upah per jam dengan produktivitas, atau juga output per jam dikurangi inflasi.
Jika nilai Prelim Unit Labor Costs AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Unemployment Claims adalah sebuah indikator yang menghitung jumlah orang yang gagal mendapat asuransi pengangguran pada hari pertama bulan lalu.
Jika nilai Unemployment Claims AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Ivey Purchasing Manager's Index (PMI) adalah sebuah indikator yang mengukur level aktifitas dari para manager pembelian dalam mengelola semua sektor perekonomian yang tersedia di Kanada.
Jika nilai Ivey PMI Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Pagi tadi pada pukul 06.50 WIB telah berlangsung pertemuan Bank of Japan Monetary Policy Meeting Minutes yang membahas tentang kondisi ekonomi dan keputusan tentang suku bunga di Jepang.

Hari ini kemungkinan akan diadakan pertemuan Bank of England MPC Rate Statement yang membahas isu perekonomian Inggris dan suku bunga.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home