Fundamental-Rabu, 5 Nov 2008

Wednesday, November 5, 2008

Fundamental-Rabu, 5 Nov 2008

Berita terbaru dari pilpres AS adalah Barack Obama sudah terpilih menjadi presiden AS ke 44. Nilai mata uang USD cenderung menguat mulai hari ini karena kemenangan Obama. Diperkirakan ada 100 ribu orang yang berkumpul di Chicago's Grant Park hari ini untuk merayakan terpilihnya Obama.



RBA ternyata memangkas lebih tinggi suku bunganya menjadi 75bp menjadi 5.25% atau lebih rendah dari prediksi pasar yang sebesar 50bp. Nilai AUD/USD hanya turun dari 0.6730 ke 0.6620 lalu terkoreksi naik kembali hingga saat ini ke area 0.6900 karena kenaikan harga komoditas emas jelang pemilihan presiden AS.

Bertolak belakang dari pemotongan suku bunga, pemerintah Ausi melaporkan bahwa mereka mempunyai cadangan anggaran hingga tanggal 30 Juni 2009 mencapai A$5.4 milyar($3.8 milyar). RBA telah memotong 2% suku bunganya sejak September lalu. Ada anggapan bahwa mata uang AUD akan kembali pulih pada beberapa waktu ke depan.

Badan pemeringkat internasional Fitch, memperkirakan nilai pertumbuhan ekonomi dunia akan mencapai 1%.



Nilai Pound dan Euro diperkirakan akan turun mulai dari saat ini karena BoE dan ECB akan memotong suku bunga mulai jam 19.00 WIB esok hari. Pengamat pasar uang memprediksikan 15 mata uang negara-negara maju masih diprediksikan akan turun terhadap Yen.



Preview Berita Hari ini, Rabu 5 November 2008 :

16.30 WIB

Nilai Services PMI Inggris diperkirakan akan turun dari 46.0 menjadi 44.5. Services Purchasing Manager's Index (PMI) adalah sebuah indikator yang mengukur level aktivitas dari para manager pembelian untuk membeli jasa yang dibutuhkan.





20.15 WIB

Nilai ADP Non-Farm Employment Change diprediksikan akan turun dari -8K menjadi -100K. ADP Nonfarm Employment Change adalah sebuah indeks yang menggambarkan jumlah lapangan kerja baru yang tercipta pada bulan yang lalu, tanpa memasukan sektor pertanian didalamnya. ADP, sebagai lembaga swadaya yang memberikan solusi terhadap tenaga kerja di AS, mengumumkan indikator ini dua hari sebelum indikator Nonfarm Employment Change dikeluarkan. ADP mengklaim indikator ini adalah indikator terbaik mengenai tenaga kerja dalam Statistik Pemerintahan, tapi para Trader tidak sepenuhnya percaya akan keakuratan dan korelasi indikator ini terhadap nilai mata uang lokal.





22.00 WIB

Nilai ISM Non-Manufacturing PMI diprediksikan akan turun dari 50.2 menjadi 47.3. Institute of Supply Management (ISM) Non-Manufacturing Index adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat aktivitas Manajer Pembelian dari Sektor Jasa seperti Manajemen Permintaan Barang, Tenaga Kerja dan Pengiriman Barang Pesanan di luar dari Perusahaan Manufaktur.





Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.2600 - 1.3060 (trend turun)

GBP/USD : 1.5600 - 1.6135 (trend turun)

AUD/USD : 0.6800 - 0.7025 (sideways)

NZD/USD : 0.5850 - 0.6150 (sideways)

USD/CHF : 1.1550 - 1.1800 (trend naik)

USD/JPY : 98.50 - 100.60 (sideways)

USD/CAD : 1.1300 - 1.1725 (trend turun)

NZD/JPY : 58.00 - 61.55 (sideways)

AUD/JPY : 66.00 - 70.50 (sideways)

EUR/JPY : 124.50 - 131.00 (sideways)

GBP/JPY : 153.70 - 161.70 (sideways)



Sumber :

http://www.bloomberg.com/

Nationwide House Prices adalah sebuah indikator yang menghitung perubahan rata-rata harga rumah di Inggris. Indikator ini merupakan indikator utama dalam mengukur tingkat kenaikan harga (inflasi) di sektor perumahan.
Jika nilai Nationwide Consumer Confidence Inggris lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang GBP telah mengalami kenaikan.

Building Approvals adalah sebuah indikator yang menghitung pertumbuhan jumlah rumah baru di suatu negara.
Jika nilai Building Approvals Ausi lebih rendah dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang AUD telah mengalami penurunan.

Trade Balance adalah suatu indikator yang menghitung ekspor bersih disuatu negara. Nilai Ekspor bersih didapat dari nilai ekspor dikurangi dengan nilai impor.
Jika nilai Trade Balance Ausi lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang AUD telah mengalami kenaikan.

Manufacturing Production adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat output yang dihasilkan oleh perusahaan manufaktur. Ada 13 komponen yang termasuk dalam indikator ini. Sejauh ini, output industri manufaktur 'menyumbang' 80% dari total output industri nasional.
Jika nilai Manufacturing Production Inggris tetap maka nilai mata uang GBP akan tetap nilainya.

Services Purchasing Manager's Index (PMI) adalah sebuah indikator yang mengukur level aktivitas dari para manager pembelian untuk membeli jasa yang dibutuhkan.
Jika nilai Services PMI Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales Eropa turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

ADP Nonfarm Employment Change adalah sebuah indeks yang menggambarkan jumlah lapangan kerja baru yang tercipta pada bulan yang lalu, tanpa memasukan sektor pertanian didalamnya. ADP, sebagai lembaga swadaya yang memberikan solusi terhadap tenaga kerja di AS, mengumumkan indikator ini dua hari sebelum indikator Nonfarm Employment Change dikeluarkan. ADP mengklaim indikator ini adalah indikator terbaik mengenai tenaga kerja dalam Statistik Pemerintahan, tapi para Trader tidak sepenuhnya percaya akan keakuratan dan korelasi indikator ini terhadap nilai mata uang lokal.
Jika nilai ADP Non-Farm Employment Change turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Institute of Supply Management (ISM) Non-Manufacturing Index adalah sebuah indikator yang mengukur level aktivitas dari para manager pembelian dalam membeli sektor jasa.
Jika nilai ISM Non-Manufacturing PMI AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Crude Oil Inventories adalah sebuah indikator yang dirilis mingguan yang mengukur kenaikan persediaan minyak mentah untuk dijual yang dimiliki perusahaan terkemuka di AS.
Jika nilai Crude Oil Inventories AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Pada pukul 11.30 WIB siang ini Gubernur BoJ Masaaki Shirakawa akan berpidato dalam pertemuan Kisaragi-kai di Tokyo.

Sore nanti pada pukul 15.10 WIB Wakil Gubernur Swiss National Bank Philip Hildebrand akan berpidato dengan judul "Monitoring Framework After the Credit Crisis" pada pertemuan Day of Banking and Financial Law University, di Jenewa, Swiss.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home