Fundamental-Senin, 3 Nov 2008

Monday, November 3, 2008

Fundamental-Senin, 3 Nov 2008

Nilai Retail Sales Ausi turun mencapai titik terendah dalam 3 tahun terakhir . Hasil ini membuat kekhawatiran publik terhadap cenderung melambatnya perekonomian Australia semakin nyata. Disamping itu harga properti/rumah dan jumlah iklan untuk lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan juga menurun.



Nilai inflasi yang juga tinggi akan mendorong RBA (Bank Sentral Australia) untuk memotong suku bunga pada esok hari pada pukul 10.30 WIB dari 6.00% saat ini menjadi 5.50% menurut para ekonom yang disurvey oleh Bloomberg. .



Minggu ini selain Ausi yang dikabarkan akan memotong suku bunga pada pukul 10.30 WIB esok hari, juga diikuti oleh BoE dan ECB pada hari Kamis (6 Nov) yaitu pada pukul 19.00 & 19.45 WIB. BoE & ECB diprediksikan akan memotong 50 basis poin.



Selain itu, nilai laporan pengangguran AS diprediksikan akan membengkak pada bulan Oktober lalu. ADP Non-Farm Employment Change AS diprediksikan akan kembali negatif dari -8K menjadi -100K dan Non-Farm Employment Change (Non Farm Payroll) AS diprediksikan akan kembali turun drastis dari -159K(bulan Sept.) menjadi -200K(bulan Okt.). Laporan Amerika yang negatif tersebut akan mewarnai laporan yang mempunyai negatif terbesar sepanjang minggu ini. Artinya diperkirakan ada 200 ribu orang yang telah dipecat sepanjang bulan Oktober lalu. Sejumlah mata uang selain Yen cenderung akan menguat sepanjang minggu ini setelah intervensi dari pemotongan suku bunga di Ausi, Inggris dan Uni Eropa.



Saat ini nilai Yen kembali merosot terhadap dollar dan euro oleh karena para investor mulai membeli asset bernilai tinggi dengan mata uang Yen. Yen Jepang melemah hingga 1% yaitu ke titik 99.21 terhadap dollar dan 1.8% terhadap euro hingga 127.42.

Nilai MSCI Asia-Pacific Index juga diperkirakan akan normal atau turun hari ini karena hari libur market Jepang karena memperingati hari kebudayaan.



Preview Berita hari ini, Senin 3 November 2008 :

16.30 WIB

Nilai Manufacturing PMI Inggris diprediksikan akan turun dari 47.8 menjadi 45.5.

Manufacturing Purchasing Manager's Index (PMI) adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat aktivitas kerja dari manajer pembelian dari sejumlah perusahaan manufaktur.



22.00 WIB

Nilai ISM Manufacturing PMI diprediksikan akan turun dari 43.5 menjadi 41.6. Institute of Supply Management (ISM) Manufacturing Index adalah sebuah indikator yang menghitung aktifitas bisnis dari manajer pwmbelian dari sektor manufaktur.



Selasa 4 November 2008

10.30 WIB

Nilai suku bunga Ausi diprediksikan akan turun dari 6.00% menjadi 5.50%. Anda dapat mempertimbangkan untuk membuka posisi Sell AUD/JPY atau AUD/USD mulai dari saat ini.



Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.2700 - 1.3050 (trend naik)

GBP/USD : 1.6100 - 1.6425 (trend naik)

AUD/USD : 0.6600 - 0.7035 (trend naik)

NZD/USD : 0.5800 - 0.6100 (trend naik)

USD/CHF : 1.1270 - 1.1580 (trend turun)

USD/JPY : 97.50 - 101.35 (trend naik)

USD/CAD : 1.1750 - 1.2250 (trend turun)

NZD/JPY : 55.50 - 60.45 (trend naik)

AUD/JPY : 64.50 - 69.50 (trend naik)

EUR/JPY : 124.40 - 129.75 (trend naik)

GBP/JPY : 158.00 - 165.00 (trend naik)


Hari ini market Jepang sedang libur karena memperingati hari kebudayaan.

Labor Cost Index adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan tingkat upah, gaji, dan tunjangan yang dibayarkan kepada pekerja.
Jika nilai Labor Cost Index Selandia Baru lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang NZD telah mengalami kenaikan.

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales Trend Ausi sama dengan prediksi pasar maka nilai mata uang AUD tetap nilainya.

House Price Index(HPI) adalah sebuah indikator yang mengukur nilai inflasi dari sektor penjualan rumah tinggal.
Jika nilai HPI Ausi lebih rendah dari prediksi pasar maka nilai mata uang AUD telah mengalami penurunan.

Commodity Prices adalah sebuah indikator yang mengukur nilai pertumbuhan harga komoditi ekspor.
Jika nilai Commodity Prices Ausi naik maka nilai mata uang AUD akan mengalami kenaikan.

Schweizerischer Verband für Materialwirtschaft und Einkauf (SVME) Purchasing Manager's Index (PMI) adalah indikator PMI yang biasa digunakan oleh negara Swiss. PMI merupakan indeks gabungan dari lima indikator utama, yang meliputi unsur: Order, Tingkat Persediaan, Produksi, Pengiriman, dan Tenaga Kerja. Angka indeks di atas 50 berarti industri mengalami ekspansi, di bawah 50 berarti mengalami kontraksi. Indeks ini dinilai sebagai indikator penting dan dianggap indikator terbaik dalam mengukur tingkat produksi. Indeks ini juga dapat mendeteksi tekanan inflasi dan aktivitas perindustrian.
Jika nilai SVME PMI turun maka nilai mata uang CHF akan mengalami penurunan.

Manufacturing Purchasing Manager's Index (PMI) adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat aktivitas kerja dari manajer pembelian dari sejumlah perusahaan manufaktur.
Jika nilai Manufacturing PMI Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Institute for Supply Management PMI adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat aktifitas manajer pembelian dalam industri manufaktur.
Jika nilai ISM Manufacturing PMI AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Malam nanti yaitu pada pukul 23.00 WIB, Gubernur Bank of England Mervyn King bersama dengan duta besar Alistair Darling dan Ketua otoritas keuangan negara Lord Turner akan berpidato dalam pertemuan Parliament’s Treasury Committee, di London.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home