Fundamental-Senin, 08 Des 2008

Monday, December 8, 2008

Fundamental-Senin, 08 Des 2008

Dolar mengalami kenaikan pada perdagangan akhir pekan kemarin meski jumlah pengangguran di AS sebagaimana dilaporkan Departemen Tenaga Kerja, mengalami kenaikan lebih dari setengah juta. Menguatnya Dolar ini lebih bersifat reaksi investor yang mencoba memegang komoditi yang aman diantara jenis investasi yang ada, pilihannya tak lain adalah Dolar AS itu sendiri.

Euro sendiri terkoreksi $1.2650 dari sebelumnya diperdagangkan sebesar $1.2793 dan Poundtsterling Inggris juga jatuh $1.4604 dari $1.4748. Jatuhnya kedua mata ang Eropa ini juag mengikuti dipangkasnya suku bunga mereka minggu lalu yang cukup signifikan. Baik ECB dan BOE memangkas suku bunga amun sebatas yang sudah diperkirakan pasar sehingga gejolak paska pemangkasan ini sebenanay sudah diantisipasi pelaku pasar.

Suku bunga direndahkan dengan harapan akan mampu menggerakkan perekonomian kawasan tersebut dimana pertumbuhan ekonominya terus tergerus inflasi. Masyarakat Eropa diharapkan akan lebih meningkatkan belanja mereka atau setidaknya tidak memilih untuk mendiamkan uang mereka. Perputaran uang yang demikian ini yang diharapkan otoritas moneter disana.

ECB memagkas suku bunga sebesar 75 basis point menjadi
2.5 percent, yang merupakan pemangkasan suku bunga terbesar selama sepuluh tahun ini sementara Bank of England memangkas satu persen sehingga suku bunga saat ini adalah 2 percent, level suku bunga terendah di Inggris sejk 1951.


Meski AS dihadapkan pada masalah pengangguran yang meningkat tajam, namun hal tersebut sudah diperhitungkan pelaku pasar. Terbukti gejolak paska pengumuman kenaikan jumlah non-farm payrolls hanya mengejutkan pasar sesaat. Dolar kemudian berangsur naik kembali seiring pilihan investor bahwa memegang investasi di Dolar AS lebih aman dibanding mata uang lain atau jenis investasi lainnya.


Menyusul terus merosotnya harga minyak mentah dunia ke kisaran $42 saat ini membuat OPEC akan terus mengurangi produksi minyaknya.

Resesi dunia termasuk Amerika juga termasuk dalam faktor menurunnya harga minyak. Barack Obama kemarin telah berpidato bahwa ekonomi AS akan terguncang resesi dulu baru terjadi pemulihan.

Diprediksikan juga bahwa hari ini nilai Yen akan merosot menyusul naiknya saham Asia.



Preview Berita hari ini, Senin 8 Desember 2008

16.30 WIB

Nilai PPI Input m/m Inggris diprediksikan akan naik dari -5.6% menjadi -2.9%. PPI (Producer Price Index) Input adalah suatu laporan yang menunjukan besarnya persentase inflasi yang disebabkan oleh pembelian barang dan jasa dari perusahaan industri.Saat perusahaan industri membayar lebih mahal untuk membeli barang dan jasa yang harganya juga naik, maka mereka juga akan membebankan harga yang mahal kepada konsumen. Hal itulah yang yang menyebabkan indikator ini didaulat sebagai indikator penggerak inflasi. Menurut para ahli, analis, dan pengamat pasar, trend PPI dan CPI mempunyai korelasi khusus sebagai trend inflasi suatu negara. Jika Indikator PPI Input naik, maka nilai mata uang negara yang bersangkutan akan naik.



20.15 WIB

Nilai Housing Starts Kanada diprediksikan akan turun dari 212K menjadi 194K. Housing Starts adalah Indikator ekonomi yang menghitung jumlah rumah baru yang dibangun dalam per bulannya. Sebagian besar data surveinya didapat dari aplikasi dan ijin yang diajukan untuk membangun rumah. Indikator yang satu ini biasanya bukan merupakan salah satu penggerak utama market. Namun, karena dapat mendeteksi tren perekonomian, data Housing Starts dianggap sebagai salah satu indikator penting. Penurunan pada Housing Starts menunjukkan melambatnya perekonomian.



Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.2600 - 1.2650 (trend naik)

GBP/USD : 1.4500 - 1.4900 (trend naik)

AUD/USD : 0.6370 - 0.6650 (trend naik)

NZD/USD : 0.5250 - 0.5385 (trend naik)

USD/CAD : 1.2400 - 1.2900 (trend turun)

USD/CHF : 1.2000 - 1.2300 (trend naik)

USD/JPY : 92.00 - 94.30 (trend naik)

AUD/JPY : 58.70 - 62.00 (trend naik)

EUR/JPY : 116.80 - 120.00 (trend naik)

GBP/JPY : 134.80 - 138.50 (trend naik)

NZD/JPY : 48.50 - 51.00 (trend naik)

EUR/GBP : 0.8600 - 0.8700 (sideways)

USD/IDR : 11850 - 12600 (trend turun)

Hari ini Senin 8 Desember 2008 ada sejumlah


Producer Price Index (PPI) Input adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat inflasi (persentase dari kenaikan harga) dari barang dan jasa yang dibeli oleh perusahaan manufaktur. Kenaikan harga dari bahan baku yang dibeli akan dibebankan kepada konsumen. PPI disebut juga sebagai indikator terpercaya dalam mengukur tingkat inflasi konsumen.
Jika nilai PPI Input Inggris naik maka nilai mata uang GBP akan mengalami kenaikan.

Industrial Production adalah data bulanan yang mengukur total produksi dari seluruh pabrik, pertambangan, dan perusahaan pelayanan publik (listrik, air, gas, transportasi, dan lain-lain)
Jika nilai German Industrial Production naik maka nilai mata uang Euro akan mengalami kenaikan.

Housing Starts adalah Indikator ekonomi yang menghitung jumlah rumah baru yang dibangun dalam per bulannya. Sebagian besar data surveinya didapat dari aplikasi dan ijin yang diajukan untuk membangun rumah. Indikator yang satu ini biasanya bukan merupakan salah satu penggerak utama market. Namun, karena dapat mendeteksi tren perekonomian, data Housing Starts dianggap sebagai salah satu indikator penting. Penurunan pada Housing Starts menunjukkan melambatnya perekonomian.
Jika nilai Housing Starts Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami kenaikan.

Siang nanti pada pukul 14.30 WIB Gubernur FED Randall Kroszner akann menyampaikan pidatonya yang berjudul "Assessing the Potential for Instability in Financial Markets" pada pertemuan Risk Minds 2008 Global Risk Regulation Summit, di Jenewa, Swiss.

Malam hari nanti pada pukul 21.00 WIB Presiden European Central Bank Jean-Claude Trichet akan menyampaikan pidatonya dalam pertemuan European Parliament's Committee on Economic and Monetary Affairs, di Brussel.

Lalu pada pukul 23.00 WIB malam nanti, Gubernur Federal Reserve Donald Kohn akan menyampaikan pidatonya dalam pertemuan diskusi panel Office of the Thrift Supervision's National Housing Forum, di Washington DC.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home