Fundamental-Jumat, 23 Jan 2009

Sunday, February 1, 2009

Fundamental-Jumat, 23 Jan 2009

Nilai AUD & NZD saat ini mengalami pelemahan terhadap dollar dan Yen terkait dengan dropnya nilai saham para investor Asia. Nilai mata uang AUD telah berkurang 2.8% saat ini hingga 65.45 sen dollar saat ini. Suku bunga Jepang saat ini adalah tetap 0.1% atau mendekati nol. Para investor yang mengharapkan keuntungan dari carry trade dengan melakukan posisi Buy AUD dan NZD akan mendapatkan resiko karena menurunnya nilai mata uang.



Pasar memprediksikan nilai suku bunga Ausi akan dipotong 1% lagi menjadi 3.25% pada 3 Februari 2009 mendatang.



Yen Jepang mengalami penguatan signifikan terhadap Poundsterling sejak tahun 1995 lalu. Hal ini diakibatkan karena akan dikeluarkannya laporan Prelim GDP q/q & Retail Sales m/m Inggris yang akan dirilis pada pukul 16.30 WIB sore nanti yang diprediksikan nilainya akan membuat mata uang GBP akan terus melemah. Kejadian ini pernah terjadi pada tahun 1990 lalu dimana GBP mengalami kemerosotan tajam.

Saat berita ini diturunkan GBPUSD sudah turun ke rate 1.3746 & GBPJPY pada rate 122.08.

Selain dengan GBP, Yen juga diprediksikan akan menguat terhadap Euro dimana sejumlah laporan zona Eropa yang dirilis dari pukul 15.00 - 16.00 WIB berpotensi untuk membuat Euro melemah seperti data Manufacturing & Service PMI. Dengan demikian, Belajarforex.com & Bloomberg.com setuju pernytaan bahwa mata uang Yen sebagai mata uang "surga" dan "primadona" saat ini setelah terbukti Yen juga menguat terhadap USD pada rate 88.64 Yen per dollar.



Preview Berita Hari ini :



16.30 WIB

Nilai Prelim GDP q/q Inggris diprediksikan akan turun dari -0.6% menjadi -1.2%. GDP(Gross Domestic Product) adalah sebuah indikator yang mengukur nilai market barang-barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara, tanpa mempertimbangkan kebangsaan perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa tersebut. GDP terdiri dari 4 komponen utama yaitu: tingkat konsumsi, investasi, pembelian-pembelian oleh pemerintah, dan total bersih ekspor.

Data Retail Sales Inggris yang dirilis pada waktu yang sama juga diprediksikan akan melemah dan berpotensi membuat nilai GBP kembali melemah.



19.00 WIB

Nilai Core CPI m/m Kanada diprediksikan akan turun dari 0.7% menjadi -0.3%. Core CPI(Consumer Price Index) adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari CPI. Nilainya didapat dari total CPI dikurangi dengan komponen makanan segar. Nilai makanan segar dinilai membuat trend inflasi CPI menjadi sering berubah-ubah nilainya.



Prediksi pergerakan harga hari ini :


EUR/USD : 1.2700 - 1.3150 (trend turun)

GBP/USD : 1.3500 - 1.3950 (trend turun)

AUD/USD : 0.6400 - 0.6600 (trend turun)

NZD/USD : 0.5200 - 0.5350 (sideways)

USD/CAD : 1.2500 - 1.2650 (sideways)

USD/CHF : 1.1500 - 1.1650 (trend naik)

USD/JPY : 87.00 - 89.80 (trend turun)

NZD/JPY : 45.00 - 47.50 (trend turun)

AUD/JPY : 56.00 - 58.50 (trend turun)

EUR/JPY : 112.00 - 115.50 (trend turun)

GBP/JPY : 119.00 - 122.50 (trend turun)

EUR/GBP : 0.9350 - 0.9500 (trend naik)

Emas :$815.00 - 870.00 (trend turun)

Minyak :$35.00 - 45.00 (trend turun)

USD/IDR :11.300 - 11.700 (sideways)


Flash Manufacturing PMI adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat penyebaran yang dilakukan para manajer pembelian dalam industri jasa.
Jika nilai French Flash Manufacturing PMI turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.
Jika nilai German Flash Manufacturing PMI turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.
Jika nilai Flash Manufacturing PMI Eropa turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Flash Service PMI adalah sebuah indikator yang menghitung nilai aktifitas manajer pembelian disektor jasa.
Jika nilai French Flash Services PMI turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.
Jika nilai German Flash Services PMI turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.
Jika nilai Flash Services PMI Eropa turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

GDP(Gross Domestic Product) adalah sebuah indikator yang mengukur nilai market barang-barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara, tanpa mempertimbangkan kebangsaan perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa tersebut. GDP terdiri dari 4 komponen utama yaitu: tingkat konsumsi, investasi, pembelian-pembelian oleh pemerintah, dan total bersih ekspor.
Jika nilai Prelim GDP Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Core CPI(Consumer Price Index) adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tetap dari CPI. Nilainya didapat dari total CPI dikurangi dengan komponen makanan segar. Nilai makanan segar dinilai membuat trend inflasi CPI menjadi sering berubah-ubah nilainya.
Jika nilai Core CPI Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

Consumer Price Index (CPI) adalah indikator yang mengukur tingkat kenaikan barang dan jasa yang dikenakan kepada konsumen. Kenaikan harga barang dan jasa pada akhirnya akan meningkatkan inflasi yang pada akhirnya biasanya harus diimbangi dengan menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga dapat memperkuat mata uang negara yang bersangkutan.
Jika nilai CPI Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Belgium NBB Business Climate adalah sebuah indikator yang menghitung nilai level manufaktur, pembangunan, dan perdagangan.
Jika nilai Belgium NBB Business Climate turun maka nilai mata uang Euro akan mengalami penurunan.

Siang nanti pada pukul 12.00 WIB akan dirilis laporan BOJ Monthly Report. Bank of Japan (BOJ) Monthly Report adalah sebuah laporan yang memberikan informasi tentang iklim perekonomian yang ditinjau dari sudut BoJ yang menyangkut masalah pertumbuhan ekonomi, inflasi, ekspor, dan tingkat suku bunga.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home