Fundamental-Rabu, 1 Okt 2008

Wednesday, October 1, 2008

Fundamental-Rabu, 1 Okt 2008

Selamat hari raya Idul Fitri bagi Anda yang merayakannya.

UBS AG, sebuah perusahaan terkemuka Eropa yang mengalami kerugian akibat krisis kredit yang cukup besar, berencana untuk mengurangi 1900 karyawannya di divisi bank investasi, ekuitas, dan unit pendapatan tetap.
Sementara itu, pasar uang Ausi dan Jepang telah mengalami kerugian $15 milyar akibat batalnya paket bailout Amerika. BoJ telah menambah 1.2 trilyun Yen($11.3 milyar) untuk membantu sistem perbankannya untuk mengantisipasi setiap hal yang mungkin membahayakan sistem keuangan Jepang.
Pukul 06.50 WIB pagi tadi juga telah dirilis nilai Tankan Manufacturing Index yang nilainya mencapai -3 atau menurun drastis data bulan lalu yang mencapai 5. Sentimen pesimis makin kuat terhadap sektor manufaktur akibat nilai Tankan yang negatif tersebut.
Untuk mata uang AUD & NZD selain terkoreksi turun akibat pembatalan bailout juga ada kans untuk menurun kembali karena bank sentral kedua negara tersebut akan memotong suku bunga kembali pada bulan ini.

Preview berita hari ini, Rabu 1 Oktober 2008 :
15.30 WIB
Nilai Manufacturing PMI Inggris diberitakan akan turun dari 45.9 menjadi 45.0. Manufacturing Purchasing Manager's Index (PMI) adalah indikator PMI dari sektor Industri. Sama dengan PMI, indikator ini didapat dari survey terhadap para Manajer Pembelian.

19.15 WIB
Nilai ADP Non-Farm Employment Change AS diprediksikan akan turun dari -33K menjadi -55K. ADP Nonfarm Employment Change adalah sebuah indeks yang menggambarkan jumlah lapangan kerja baru yang tercipta pada bulan yang lalu, tanpa memasukan sektor pertanian didalamnya. ADP, sebagai lembaga swadaya yang memberikan solusi terhadap tenaga kerja di AS, mengumumkan indikator ini dua hari sebelum indikator Nonfarm Employment Change dikeluarkan. ADP mengklaim indikator ini adalah indikator terbaik mengenai tenaga kerja dalam Statistik Pemerintahan, tapi para Trader tidak sepenuhnya percaya akan keakuratan dan korelasi indikator ini terhadap nilai mata uang lokal.

21.00 WIB
Nilai ISM Manufacturing PMIAS diprediksikan akan turun dari 49.9 menjadi 49.5. Institute of Supply Management (ISM) Manufacturing Index adalah sebuah indikator yang menghitung aktifitas bisnis dari manajer pembelian dari sektor manufaktur.

Prediksi pergerakan pair harga hari ini, Rabu 1 Oktober 2008 :
EUR/USD : 1.3950 - 1.4200 (trend turun)
GBP/USD : 1.7600 - 1.8100 (trend turun)
AUD/USD : 0.7820 - 0.8100 (trend turun)
USD/JPY : 104.60 - 107.30 (trend naik)
USD/CHF : 1.0930 - 1.1335 (trend naik)
USD/CAD : 1.0460 - 1.0675 (trend naik)
EUR/JPY : 147.00 - 152.35 (trend turun)
GBP/JPY : 185.55 - 192.55 (trend turun)

Tankan Large Manufacturers Index adalah sebuah indikator yang mengukur kondisi bisnis dari seluruh perusahaan manufaktur di Jepang. Sektor yang menjadi perhatian adalah penawaran dan permintaan barang, harga, penjualan, dan kondisi tenaga kerja.A570
Jika nilai Tankan Manufacturing Index lebih rendah dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang Yen telah mengalami penurunan.

Tankan Lg. Non-Manufacturers Index adalah indikator yang menghitung kondisi bisnis dari seluruh perusahaan jasa di Jepang. Bidang yang disurvey sama seperti indikator Tankan Large Manufacturers Index.
Jika nilai Tankan Non Manufacturing Index lebih rendah dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang Yen telah mengalami penurunan.

Average Cash Earnings adalah sebuah indikator yang mengukur perubahan jumlah upah bulanan yang dibayarkan oleh pemilik kerja.
Jika nilai Average Cash Earnings Jepang lebih rendah dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang Yen telah mengalami penurunan.

Retail Sales adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan penjualan sektor ritel disuatu negara.
Jika nilai Retail Sales Jerman lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang Euro telah mengalami kenaikan.

Commodity Prices adalah sebuah indikator yang menghitung harga jual dari komoditi yang diekspor.
Jika nilai Commodity Prices Ausi turun maka nilai mata uang AUD telah mengalami penurunan.

Schweizerischer Verband für Materialwirtschaft und Einkauf (SVME) Purchasing Manager's Index (PMI) adalah indikator PMI yang biasa digunakan oleh negara Swiss. PMI merupakan indeks gabungan dari lima indikator utama, yang meliputi unsur: Order, Tingkat Persediaan, Produksi, Pengiriman, dan Tenaga Kerja. Angka indeks di atas 50 berarti industri mengalami ekspansi, di bawah 50 berarti mengalami kontraksi. Indeks ini dinilai sebagai indikator penting dan dianggap indikator terbaik dalam mengukur tingkat produksi. Indeks ini juga dapat mendeteksi tekanan inflasi dan aktivitas perindustrian.
Jika nilai SVME PMI lebih rendah dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang CHF telah mengalami penurunan.

Manufacturing Purchasing Manager's Index (PMI) adalah indikator PMI dari sektor Industri. Sama dengan PMI, indikator ini didapat dari survey terhadap para Manajer Pembelian.
Jika nilai Manufacturing PMI Inggris turun maka nilai mata uang GBP akan mengalami penurunan.

ADP Nonfarm Employment Change adalah sebuah indeks yang menggambarkan jumlah lapangan kerja baru yang tercipta pada bulan yang lalu, tanpa memasukan sektor pertanian didalamnya. ADP, sebagai lembaga swadaya yang memberikan solusi terhadap tenaga kerja di AS, mengumumkan indikator ini dua hari sebelum indikator Nonfarm Employment Change dikeluarkan. ADP mengklaim indikator ini adalah indikator terbaik mengenai tenaga kerja dalam Statistik Pemerintahan, tapi para Trader tidak sepenuhnya percaya akan keakuratan dan korelasi indikator ini terhadap nilai mata uang lokal.
Jika nilai ADP Non-Farm Employment Change AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Institute of Supply Management (ISM) Manufacturing Index adalah sebuah indikator yang menghitung aktifitas bisnis dari manajer pembelian dari sektor manufaktur.
Jika nilai ISM Manufacturing PMI AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Crude Oil Inventories adalah sebuah indikator yang dirilis mingguan yang mengukur kenaikan persediaan minyak mentah untuk dijual yang dimiliki perusahaan terkemuka di AS.
Jika nilai Crude Oil Inventories AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Sore hari ini yaitu pada pukul 16.00 WIB Presiden European Central Bank Jean-Claude Trichet akan mengikuti debat tentang aturan upah dalam pertemuan European Trade Union Conference, di Brussels.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home