Fundamental-Jumat, 26 Sept 2008

Saturday, September 27, 2008

Fundamental-Jumat, 26 Sept 2008

Perihal rencana bailout $700 milyar, Partai Republik di Amerika terpecah antara yang mendukung dan ada yang menolak yaitu antara pihak bipartisan dengan pihak Gedung Putih. Perdebatan tersebut sempat membuat mata uang dollar Amerika melemah. Pelemahan dollar juga dipicu setelah pemerintah AS setuju untuk menyelamatkan Washington Mutual Inc., sebuah perusahaan asuransi setara dengan AIG, dari kebangrutan akibat krisis kredit.
JPMorgan Chase & Co., bank terbesar ketiga di AS setuju untuk mengakuisisi Washington Mutual Inc senilai $1.9 milyar. Washington Mutual Inc adalah sebuah perusahaan asuransi yang cukup besar di Amerika yang setara dengan AIG. Sebelumnya pemerintah AS menutup perusahaan Washington Mutual setelah adanya klaim dari seorang customernya yang belum dibayar sebesar $16.7 milyar sejak 15 September lalu.
Sementara itu bank Eropa terbesar saat ini HSBC Holdings Plc, mengatakan bahwa pihaknya telah memberhentikan 1100 karyawannya siseluruh dunia terkait dengan krisis keuangan dan penurunan pendapatan di perusahaan tersebut. Sejak tahun lalu HSBC telah memangkas 120.000 karyawannya terkait dengan krisis kredit global tahun lalu. Saat itu kerugian HSBC mencapai $520 milyar. Total sejak tahun 2001 HSBC terus mengalami penurunan pendapatan.

Pagi tadi pada pukul 05.45 WIB nilai GDP q/q Selandia Baru telah diumumkan nilainya menjadi -0.2% atau sedikit lebih baik dari nilai pada periode sebelumnya yang sebesar -0.3%. Nilai NZD sedikit mengalami kenaikan pada momen tersebut. Kedepannya hasil tersebut kembali menegaskan bahwa bank sentral RBNZ akan memotong suku bunganya kembali pada bulan depan karena krisis ekonomi masih menghinggapi Selandia Baru. Sebelumnya RBNZ telah memotong suku bunga 50 basis poin.
Tetangga dekatnya, bank sentral Ausi RBA mencatat rekor dalam mengeluarkan dana tambahan A$7.4 milyar($6.2) untuk menyokong institusi keuangan karena rencana Bailout pemerintah Amerika ditunda. Untuk penyelesaian masalah nilai tukar akun valas, RBA mengatakan melalui web resminya bawa mereka telah mengeluarkan dana A$462 juta. Dan hari ini juga RBA telah menambahkan lagi A$876 juta untuk sistem keuangan hari ini setelah adanya prediksi kerugian di pasar uang Ausi yang sebesar A$658 juta.

Sementara itu pelemahan Euro akan terjadi kembali hari ini setelah para investor dunia menjual mata uang Euro setelah prediksi resesi berkepanjangan di zona Eropa masih terus berlanjut. Minggu depan Euro diprediksikan akan melemah hingga ke 1.4250.

Hari ini tidak ada berita penting yang dapat kita bahas. Anda dapat menggunakan indikator teknikal dalam menganalisa pergerakan harga hari ini.

Prediksi pergerakan harga hari ini, Jumat 26 September 2008 :
EUR/USD : 1.4500 - 1.4750 (trend turun)
GBP/USD : 1.8260 - 1.8575 (trend turun)
AUD/USD : 0.8225 - 0.8400 (trend turun)
USD/CHF : 1.0700 - 1.0900 (trend turun)
USD/JPY : 105.00 - 106.50 (trend turun)
USD/CAD : 1.0250 - 1.0400 (trend turun)
AUD/JPY : 87.40 - 89.00 (trend turun)
EUR/JPY : 154.25 - 156.00 (trend turun)
GBP/JPY : 192.00 - 196.70 (trend turun)


Gross Domestic Product (GDP) adalah sebuah data ekonomi yang menghitung total nilai barang dan jasa yang diproduksi disuatu negara pada satu kali periode. GDP dipercaya sebagai alat pengukur aktifitas dan pertumbuhan di suatu negara. Bagi Investor asing data GDP dan nilai pertumbuhannya dapat memberi gambaran untuk melakukan investasi atau malah mengurungkan niatnya. Jika prospek GDP membaik maka para investor asing akan berani membeli saham dan surat berharga lainnya dinegara tersebut. Nilai GDP yang meningkat akan membuat bank sentral untuk menaikan tingkat suku bunga dalam usahanya mengawasi pertumbuhan ekonomi. Semua aktifitas ekonomi yang terdapat dalam GDP akan menaikan tingkat permintaan akan mata uang lokal.
Jika nilai GDP Selandia Baru lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang NZD telah mengalami kenaikan.
Jika nilai Final GDP AS tetap maka nilai mata uang USD akan tetap nilainya.

Core CPI Tokyo adalah sebuah indikator yang menghitung Core CPI dari ibukota negara saja yaitu Tokyo. Tokyo adalah cerminan dari Core CPI Nasional Jepang. Para trader lebih memperhatikan trend dalam Core CPI Tokyo.
Jika nilai Tokyo Core CPI lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang JPY telah mengalami kenaikan.

German Prelim CPI adalah sebuah indikator yang menghitung nilai perubahan harga barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen.
Jika nilai German Prelim CPI naik maka nilai mata uang Euro akan mengalami kenaikan.

KOF Economic Barometer adalah sebuah index yang menghitung gabungan dari 12 indikator utama di Swiss.
Jika nilai KOF Economic Barometer turun maka nilai mata uang CHF akan mengalami penurunan.

Revised UoM Consumer Sentiment adalah sebuah indikator yang menghitung nilai tingkat gabungan index yang disurvey kepada konsumen.
Jika nilai Revised UoM Consumer Sentiment AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Pagi tadi yaitu pada pukul 00.00 WIB Gubernur Bank of Canada Mark Carney telah menyampaikan pidatonya yang berjudul "Reflections on Recent Economic Developments" pada pertemuan Canadian Club of Montréal, di Montreal.

Pada jam yang sama Gubernur FED Kevin Warsh juga telah menyampaikan pidatonya yang berjudul "Credit Market Turmoil of 2007-08: Implications for Public Policy" pada sebuah konferensi di Chicago.

Pagi tadi juga pada pukul 06.30 WIB Presiden FED wilayah Dallas Richard Fisher telah menyampaikan pidatonya dalam pertemuan makan malam bersama Money Marketeers of New York University , di New York.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home