Fundamental-Rabu, 8 Okt 2008

Wednesday, October 8, 2008

Fundamental-Rabu, 8 Okt 2008

Pagi tadi pukul 00.15 WIB Ketua FED Ben S. Bernanke telah menyampaikan pidatonya. Inti dari pidato tersebut menyatakan bahwa FED akan memotong suku bunga jika krisis kredit keuangan di Amerika masih berlanjut. Dia menambahkan bahwa sistem keuangan dunia sedang dalam masa "Tertekan yang luar biasa & tidak stabil". .

Perkiraan para analis pemotongan suku bunga yang akan dilakukan berkisar antara 0.75 – 1.00 % dari suku bunga saat ini dengan demikian para investor bisa mengambil suatu tindakan jika FED nantinya benar-benar akan memotong suku bunga diwaktu ke depan.

Sementara itu, nilai mata uang AUD & NZD mengalami penurunan tajam saat ini. AUD/USD yang sempat berada pada area 0.7100 kemarin saat ini berada pada area 0.6800. Wacana yang terjadi memang masih seputar pada krisis keuangan global yang juga mengimbas Ausi dan New Zealand. Kemarin Standard & Poor's 500 Index sempat dibawah 1000. Sekarang orang tak ragu lagi untuk mengambil aksi jual Ausi. Nilai AUD saat ini dapat dijadikan acuan sentimen pasar saat ini. Jika mengalami penurunan maka market global memang sedang turun.

Suku bunga obligasi di Ausi juga meningkat dan sebaliknya suku bunga tabungan turun menjadi 5.035% per tahun.

Jepang dan Ausi saat ini sudah mengeluarkan $22 milyar untuk sistem keuangan masing-masing negara terkait bailout Amerika.
Hari ini BoJ mengeluarkan dana $20.9 milyar lagi untuk memperbaiki kinerja keuangan akibat krisis keuangan global yang juga melanda Jepang. Dalam tiga minggu terakhir BoJ sudah mengeluarkan dana 23 trilyun Yen untuk sistem keuangan Jepang atau paling banyak dalam enam tahun terakhir.
Sedangkan RBA hari ini juga mengeluarkan dana $856 juta.

Hingga saat ini pasar masih memegang USD dan Yen sebagai pengganti mata uang lain sebagai investasi yang ditunjukkan dengan bertahannya nilai kedua mata uang tersebut saat mata uang lain sedang jatuh.

Preview Berita Hari ini, Rabu 8 Oktober 2008 :

19.15 WIB
Nilai Housing Starts Kanada diprediksi akan turun dari 211K menjadi 207K. Housing Starts adalah Indikator ekonomi yang menghitung jumlah rumah baru yang dibangun dalam per bulannya. Sebagian besar data surveinya didapat dari aplikasi dan ijin yang diajukan untuk membangun rumah. Indikator yang satu ini biasanya bukan merupakan salah satu penggerak utama market. Namun, karena dapat mendeteksi tren perekonomian, data Housing Starts dianggap sebagai salah satu indikator penting. Penurunan pada Housing Starts menunjukkan melambatnya perekonomian.


21.00 WIB
Nilai Pending Home Sales m/m AS diprediksi akan naik dari -3.2% menjadi -1.5%. Pending Home Sales adalah sebuah indikator yang menghitung pertumbuhan pemesanan rumah, kondominium dan mini kondominium disuatu negara.


Prediksi Teknikal :
Hari ini kami merekomendasikan Anda untuk memegang mata uang USD dan Yen(prioritas). Artinya Anda dapat membuka posisi Sell EUR/USD, GBP/USD, AUD/USD, NZD/USD, USD/JPY, EUR/JPY, GBP/JPY, AUD/JPY, NZD/JPY karena trend turun sedang terjadi pada semua pair tersebut. Untuk USD/CHF & USD/CAD kecenderungan naik maka Anda dapat membuka posisi Buy untuk dua pair itu.

Prediksi pergerakan harga hari ini, Rabu 8 Oktober 2008 :

EUR/USD : 1.3400 - 1.3835 (sideways)
GBP/USD : 1.7300 - 1.7725 (trend naik)
AUD/USD : 0.6620 - 0.7125 (trend turun)
NZD/USD : 0.5920 - 0.6230 (trend turun)
USD/CHF : 1.1200 - 1.1500 (trend turun)
USD/CAD : 1.0950 - 1.1200 (trend naik)
AUD/JPY : 66.55 - 70.55 (trend turun)
EUR/JPY : 135.00 - 141.50 (trend turun)
GBP/JPY : 133.50 - 140.00 (trend turun)
EUR/GBP : 0.7655 - 0.7815 (trend turun)

Sumber :
http://www.bloomberg.com/


National Institute of Economic and Social Research (NIESR) Gross Domestic Product (GDP) Estimate adalah sebuah indikator teknikal yang menghitung nilai prediksi GDP berdasar data bulan lalu dengan teknik statistik.
Jika nilai NIESR GDP Estimate untuk Inggris tetap maka nilai mata uang GBP tetap nilainya.

Nationwide House Prices adalah sebuah indikator yang menghitung perubahan rata-rata harga rumah di Inggris. Indikator ini merupakan indikator utama dalam mengukur tingkat kenaikan harga (inflasi) di sektor perumahan.
Jika nilai Nationwide Consumer Confidence Inggris lebih tinggi dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang GBP telah mengalami kenaikan.

Westpac Melbourne Institute (WMI) Consumer Sentiment adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat mood konsumen di Melbourne terhadap kondisi perekonomian saat ini.
Jika nilai Westpac Consumer Sentiment untuk Ausi turun maka nilai mata uang AUD telah mengalami penurunan.

Home Loans adalah sebuah indikator yang menghitung pertumbuhan dari para pemilik rumah untuk mencicil atau melunasi kredit rumah yang diambilnya.
Jika nilai Home Loans Ausi lebih rendah darin nilai prediksi pasar maka nilai mata uang AUD telah mengalami penurunan.

Industrial Production adalah data bulanan yang mengukur total produksi dari seluruh pabrik, pertambangan, dan perusahaan pelayanan publik (listrik, air, gas, transportasi, dan lain-lain).
Jika nilai German Industrial Production naik maka nilai mata uang Euro akan mengalami kenaikan.

Housing Starts adalah Indikator ekonomi yang menghitung jumlah rumah baru yang dibangun dalam per bulannya. Sebagian besar data surveinya didapat dari aplikasi dan ijin yang diajukan untuk membangun rumah. Indikator yang satu ini biasanya bukan merupakan salah satu penggerak utama market. Namun, karena dapat mendeteksi tren perekonomian, data Housing Starts dianggap sebagai salah satu indikator penting. Penurunan pada Housing Starts menunjukkan melambatnya perekonomian.
Jika nilai Housing Starts Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Pending Home Sales adalah sebuah indikator yang menghitung pertumbuhan pemesanan rumah, kondominium dan mini kondominium disuatu negara.
Jika nilai Pending Home Sales AS naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Crude Oil Inventories adalah sebuah indikator yang dirilis mingguan yang mengukur kenaikan persediaan minyak mentah untuk dijual yang dimiliki perusahaan terkemuka di AS.
Jika nilai Crude Oil Inventories AS turun maka nilai mata uang USD akan mengalami penurunan.

Pagi tadi pada pukul 00.15 WIB Ketua FED Ben Bernanke telah menyampaikan pidatonya tentang perkembangan ekonomi dan pasar keuangan dalam pertemuan makan malam National Association for Business Economics 2008 Annual Meeting Luncheon, di Washington DC.

Lalu pada pukul 01.00 WIB telah berlangsung pertemuan FOMC Meeting Minutes. Federal Open Market Committee (FOMC) Meeting Minutes adalah pertemuan rutin para pejabat FED yang biasanya membahas tentang tingkat suku bunga AS dan berbagai kebijakan ekonomi lainnya di Amerika Serikat.

Siang nanti pada pukul 12.00 WIB akan dirilis laporan BOJ Monthly Report. BOJ Monthly Report adalah laporan statistik tentang suku bunga, data ekonomi terkini, dan prediksi perekonomian di Jepang.

Sore nanti pada pukul 18.45 WIB Presiden FED Filadelfia Charles Plosser akan menyampaikan pidatonya yang berjudul "Central Banking and the Importance of setting realistic expectations for the Federal Reserve's monetary, supervisory and regulatory policies" pada pertemuan Council of Foreign Relations, di New York.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home