Fundamental-Senin, 6 Okt 2008

Monday, October 6, 2008

Fundamental-Senin, 6 Okt 2008

Bagi kita yang barusan libur lebaran selama seminggu terakhir dan menikmati masa indah liburan akan cukup terkejut, jika Anda mengikuti kondisi market dunia yang sedang mengalami " Guncangan Besar" yang dimulai sejak minggu lalu hingga saat ini. Minggu lalu tarik ulur paket rencana penyelamatan industri keuangan AS sudah berakhir dimana kongres atau DPR Amerika setuju akan hal tersebut.

Kondisi Kredit global memang mengalami penurunan drastis karena DPR Amerika setuju akan bailout pada hari Sabtu lalu terutama bank di Eropa mengalami masalah dan melindungi para customer yang menyimpan uang dalam deposito.

Gelombang kerusakan akibat macetnya kredit perumahan di US, ternyata sudah mulai sampai di negara-negara lain terutama di kawasan Uni Eropa. Perusahaan-perusahaan penyedia pinjaman perumahan di Uni Eropa mulai mengalami kesulitan keuangan, seperti Freddie Mac dan Fanny Mae di US. Masalahnya adalah perusahaan-perusahaan ini termasuk perusahaan yang 'Too Big to Fail', dimana jumlah dana yang dan pengaruhnya terhadap ekonomi real adalah sangat besar. Jika perusahaan-perusahaan sekelas itu dibiarkan ambruk, efeknya pasti akan menyebar ke seluruh sendi perekonomian.

Hal di atas lah yang memicu berbagai aksi bank sentral untuk berusaha meredam efek jatuhnya pasar kredit perumahan atau tepatnya usaha penyelematan perusahaan-perusahaan penyedia pinjaman tersebut.

Masalah ini juga menyeret lembaga-lembaga keuangan dan investasi besar yang memiliki aset yang berhubungan dengan mortgage, sehingga mengakibatkan susutnya aset mereka dan kesulitan likuiditas.

Dikabarkan perusahaan BNP Paribas SA akan mengambil alih Fortis sebuah lembaga keuangan Belgia dan Luxemburg. Sementara itu pemerintah Jerman juga telah mengambil alih Hypo Real Estate Holding AG. senilai 50 milyar euro ($68 milyar).
Para pakar ekonomi memprediksikan ekonomi dunia akan melambat dalam enam hingga sembilan bulan kedepan.

Kencenderungan saat ini adalah : USD, Euro, Pound, AUD, NZD, CHF dan CAD melemah terhadap JPY.

Selain itu mata uang Euro, Pound, AUD, NZD, CHF dan CAD melemah terhadap USD. Efek internal disetiap negara sangat berpengaruh terhadap mata uang masing-masing negara.

Sementara itu harga komoditas utama dunia turun mengikuti anjloknya market global. Saat ini harga minyak mencapai $91.83 per barel dan emas mencapai $834 per ons. Penurunan tersebut membuat rekomendasi kami kepada Anda untuk open Sell mata uang Eropa dan Oceania makin kuat. Anda dapat open Sell di EUR/USD,GBP/USD dan AUD/USD untuk minggu ini karena situasi internal dan penurunan harga komoditas masih kuat pada minggu ini.

Mata uang Yen mulai dipegang investor pada dua minggu terakhir menyusul turunnya kepercayaan konsumen dalam memegang mata uang Eropa, Oceania dan Amerika. Nilai Yen Jepang dinilai menguat pada September lalu terhadap dollar. Deutsche Bank AG mempredksikan nilai Yen akan kembali naik 5% hingga bulan depan nanti.

Minggu ini ada dua bank sentral yang akan memotong suku bunga yaitu RBA(Australia) esok hari pukul 10.30 WIB sebesar 50 basis poin BoE(Inggris) pada hari Kamis jam 18.00 WIB sebesar 25 basis poin. Rekomendasi Sell AUD dan GBP adalah suatu hal yang penting untuk Anda pertimbangkan pada minggu ini atau dapat juga dilakukan mulai saat ini.

Prediksi pergerakan harga hari ini, Senin 6 Oktober 2008 :

19.30 WIB
Nilai Building Permits m/m Kanada diprediksikan akan turun dari 1.8% menjadi -1.4%. Building Permits adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan sektor konstruksi perumahan. Data ini merupakan indikator penting mengenai industri konstruksi semenjak peraturan perizinan mulai diberlakukan secara ketat sebelum memulai proses konstruksi.


21.00 WIB
Nilai Ivey PMI untuk negara Kanada diprediksikan akan turun dari 51.5 menjadi 51.0. Ivey Purchasing Manager's Index (PMI) adalah sebuah indikator yang mengukur level aktifitas dari para manager pembelian dalam mengelola semua sektor perekonomian yang tersedia di Kanada.


Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.3430 - 1.3875 (trend turun)
GBP/USD : 1.7425 - 1.7740 (trend turun)
AUD/USD : 0.7300 - 0.7800 (trend turun)
USD/JPY : 101.20 - 105.55 (trend turun)
USD/CHF : 1.1275 - 1.1555 (trend naik)
USD/CAD : 1.0750 - 1.1085 (trend naik)
AUD/JPY : 74.20 - 82.04 (trend turun)
EUR/JPY : 138.20 - 146.00 (trend turun)
GBP/JPY : 178.00 - 187.20 (trend turun)

Sumber :
http://www.bloomberg.com/

Hari ini market Ausi tutup karena memperingati hari buruh nasional.

Building Permits adalah sebuah indikator yang mengukur pertumbuhan sektor konstruksi perumahan. Data ini merupakan indikator penting mengenai industri konstruksi semenjak peraturan perizinan mulai diberlakukan secara ketat sebelum memulai proses konstruksi.
Jika nilai Building Permits Kanada turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

Ivey Purchasing Manager's Index (PMI) adalah sebuah indikator yang mengukur level aktifitas dari para manager pembelian dalam mengelola semua sektor perekonomian yang tersedia di Kanada.
Jika nilai Ivey PMI turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami penurunan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home