Fundamental-Selasa, 7 Okt 2008

Wednesday, October 8, 2008

Fundamental-Selasa, 7 Okt 2008

Bagaimana kabar Anda ? Adakah diantara Anda yang membuka posisi Sell AUD/USD atau AUD/JPY dan mengambil profit sebelum koreksi naik ? Ya, AUD/USD turun dari 0.7205 sebelum pengumuman dirilis jam 10.30 WIB menjadi 0.7013 atau turun 192 poin. Setelah dari 0.7013 harga kembali koreksi naik ke 0.7284 hingga ke 0.7316.

Pukul 10.30 WIB tadi Gubernur RBA mengumumkan tingkat suku bunga Ausi dari 7% menjadi 6%. Hasil ini diluar prediksi pasar yang sebesar 6.5%. Trader & Investor yang sudah mengambil Sell dari hari sebelumnya melepas posisi Sell nya hingga harga dari 0.7013 naik ke 0.7316. Sejak krisis kredit di Amerika yaitu dari krisis Fanie&Fredi bangkrutnya Lehman hingga persetujuan bailout oleh DPR AS, market Ausi cenderung melemah.

Penurunan suku bunga dinilai sedikit mengobati resesi ekonomi di Ausi. Turunnya harga emas dan minyak juga diikuti oleh turunnya consumer spending membuat perekonomian Ausi menjadi goyah akhir-akhir ini.

Penurunan suku bunga oleh Bank Sentral Ausi(RBA) kemungkinan akan ditempuh oleh bank sentral lain dalam waktu dekat.

Dikabarkan RBA & BoJ hari ini telah mengeluarkan dana lebih dari $11 milyar untuk menghindarkan sistem keuangan dimasing-masing negara dari kehancuran.

Efek persetujuan bailout oleh DPR AS kemarin telah membuat harga saham di Asia merosot dan perekonomian global menjadi melambat. Misalnya saja Toyota Motor Corp. turun 5.9%, Komatsu Ltd. turun 3.3%, Australia's benchmark index juga mengalami penurunan yang sama. MSCI Asia Pacific Index turun 0.5% menjadi 99.91, Nikkei 225 Stock Average turun 1.7% menjadi 10.300,59.
S&P/ASX 200 Index mengalami kenaikan 2.5% lalu turun 3.3%.

Sementara itu dari AS, Menkeu Henry Paulson dan Ketua FED Ben S. Bernanke sedang membuat program yang terkait dengan persetujuan bailout $700 milyar untuk memback up industri keuangan di sana. Paulson juga berdiskusi dengan Presiden FED New York Timothy Geithner dan bertemu dengan jurubicara Wall Street Brookly McLaughlin.

Dari Eropa, pertemuan sejumlah menteri keuangan Eropa tidak menghasilkan kesepakatan untuk membentuk program dana penyelamatan 'bailout' industri keuangan, seperti yang dilakukan di Amerika yang diusulkan oleh Perancis dan Itali . Krisis ekonomi juga masih mengintai kawasan Eropa dan sekitarnya hingga akhir tahun ini.

Nilai komoditi utama saat ini masih diperkirakan akan melemah. Emas yang saat ini berada pada harga $862.00 per ons diperkirakan akan turun ke $ 840-860.00 hari ini dan minyak yang saat ini berada pada $88.74 per barel diperkirakan akan mencari support baru ke $85.00 - 87.00 per barelnya.

Preview berita hari ini, Selasa 7 Oktober 2008 :

15.30 WIB
Nilai Manufacturing Production m/m Inggris diperkirakan akan tetap sebesar -0.2%. Manufacturing Production adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat output yang dihasilkan oleh perusahaan manufaktur. Ada 13 komponen yang termasuk dalam indikator ini. Sejauh ini, output industri manufaktur 'menyumbang' 80% dari total output industri nasional.


Prediksi pergerakan harga hari ini :

EUR/USD : 1.3400 - 1.3870 (sideways)
GBP/USD : 1.7300 - 1.7750 (sideways)
AUD/USD : 0.6930 - 0.7800 (sideways)
USD/CHF : 1.1300 - 1.1470 (sideways)
USD/JPY : 100.30 - 105.60 (sideways)
USD/CAD : 1.0800 - 1.1100 (sideways)
AUD/JPY : 70.00 - 82.00 (sideways)
EUR/JPY : 135.00 - 146.20 (sideways)
GBP/JPY : 174 .00 - 187.30 (sideways)


NZIER Business Confidence adalah sebuah indikator yang menghitung kodisi keseluruhan dari sektor manufaktur, bangunan, arsitektur, perdagangan besar dan ritel, dan sektor jasa dari semua unit bisnis di Selandia Baru.
Jika nilai NZIER Business Confidence naik maka nilai mata uang NZD telah mengalami kenaikan.

Bank of Japan (BOJ) Monetary Policy Committee merelease tingkat suku bunga Jepang setiap bulan. Tingkat suku bunga yang direlase adalah untuk jangka pendek atau setidaknya hanya berlaku satu bulan.
Jika nilai suku bunga Jepang(Overnight Call Rate) tetap maka nilai mata uang Yen akan tetap nilainya.

Reserve Bank of Australia (RBA) Board merelase tingkat suku bunga untuk negara Australia setiap bulan. Kenaikan tingkat suku bunga menimbulkan suatu kejutan besar bagi para investor dan para trader baik sebelum maupun sesudah berita tentang suku bunga direlease.
Jika nilai suku bunga Ausi(Cash Rate) turun maka nilai mata uang AUD akan turun nilainya.

Manufacturing Production adalah sebuah indikator yang mengukur tingkat output yang dihasilkan oleh perusahaan manufaktur. Ada 13 komponen yang termasuk dalam indikator ini. Sejauh ini, output industri manufaktur 'menyumbang' 80% dari total output industri nasional.
Jika nilai Manufacturing Production Inggris tetap maka nilai mata uang GBP akan tetap nilainya.

Factory Orders adalah data yang menghitung nilai (dalam dollar) pesanan (order) baru barang-barang tahan lama (durable) dan tak tahan lama (non-durable). Data ini memberikan laporan yang lebih lengkap daripada data Durable Goods Orders yang dirilis satu atau dua minggu lebih awal. Data pesanan barang ini memberikan gambaran mengenai akan seberapa sibukkah sektor industri dalam beberapa bulan ke depan untuk memenuhi pesanan tersebut. Sehingga otomatis angka data yang lebih besar berarti semakin tingginya tingkat permintaan pasar.
Jika nilai German Factory Orders naik maka nilai mata uang Euro akan mengalami kenaikan.

Pagi tadi yaitu pada pukul 00.30 WIB Presiden FED untuk wilayah Dallas Richard Fisher telah menyampaikan pidatonya dalam forum terbuka FED wilayah Dallas di Wichita Falls.

Hari ini kemungkinan Monetary Policy Statement Jepang yang berisi penjelasan tentang suku bunga akan dirilis.

Hari ini juga BOJ Press Conference akan dilaksanakan. Even ini digunakan pejabat BoJ untuk mengkomunikasikan tingkat suku bunga Jepang kepada para investor.

Malam nanti pukul 20.30 WIB Presiden European Central Bank Jean-Claude Trichet akan menyampaikan pidatonya tentang suku bunga Eropa.

Pada pukul 22.00 WIB Presiden FED wilayah Minneapolis Gary Stern akan menyampaikan pidatonya yang berjudul "Repercussions from the Financial Shock" dalam pertemuan Institutional Investors, di Chicago.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home